Piala AFF 2012

Nil Maizar: Andik Masuk Tunggu Singapura Kelelahan

Indonesia vs Singapura
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAbola - Indonesia menjungkirkan banyak ramalan. Di tengah guyuran hujan lebat, pasukan Nil Maizar sukses mengalahkan Singapura 1-0 walau sang lawan sangat difavoritkan di Piala AFF 2012.

Pertandingan kemarin sore di Bukit Jalil, Malaysia, punya arti penting bagi tim nasional. Tambahan tiga poin membawa Merah Putih ke puncak klasemen Grup B dengan satu pertandingan sisa. Indonesia kini hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke semi final.

Nil mengucap syukur pada Tuhan usai partai melawan Singapura. Strateginya berbuah manis. Banyak yang bertanya kenapa Andik Vermansyah tidak menjadi starter, padahal bermain bagus saat jumpa Laos.

"Kami harus bermain tiga kali dalam enam hari. Jadi, kami harus berhati-hati dalam memilih pemain," kata Nil seperti diberitakan ESPNStar.com.

Andik baru masuk pada menit 48. Pemain mungil dengan tinggi badan 162 cm itu menggantikan Elie Aiboy yang kelihatan tak cukup bugar untuk main dua babak penuh. 

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Andik masuk di saat yang tepat karena pemain Singapura sudah kelelahan," kata Nil.

Di lapangan Andik mampu menunjukkan kualitasnya. Ia beberapa kali menggiring bola melewati lawan sebelum mengirim umpan berbahaya. Kerja kerasnya pun berbuah setelah tendangan kerasnya dari luar kotak penalti, deras melengkung dan tanpa ampun menghunjam ke gawang Singapura.  

Di partai berikutnya, Sabtu 1 Desember besok, Indonesia akan berjumpa dengan tuan rumah Malaysia. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit karena Malaysia harus menang untuk bisa memelihara peluang mereka untuk mempertahankan gelar. Apalagi, sang juara bertahan akan mendapat dukungan penuh dari suporter fanatik mereka.

"Kemenangan ini akan menjadi motivasi tambahan untuk menghadapi partai berikut," kata Nil Maizar. (adi)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016