Krisis Kiper di Balik Ambisi Indonesia Kalahkan Singapura

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol
Sumber :
  • AFFSuzukicup.com

VIVAbola - Indonesia akan melakoni partai kedua Piala AFF 2012. Kemenangan mutlak diperlukan Tim Merah Putih untuk membuka jalan untuk bisa lolos dari babak penyisihan grup. Singapura menjadi rintangan Indonesia di laga sore hari nanti, Rabu 28 November 2012.

Hanya mengantongi hasil imbang 2-2 di laga perdana kontra Laos, Indonesia wajib mengerahkan kemampuan terbaiknya saat bertanding di Bukit Jalil National Stadium. Sayangnya, Indonesia harus turun tanpa kiper utamanya, Endra Prasetya, yang mengantongi kartu merah di laga melawan Laos.

Kondisi ini memaksa penjaga gawang Wahyu Tri Nugroho harus bekerja keras saat menghalau serangan Singapura. Pelatih Indonesia Nil Maizar pun mengaku was-was melihat situasi sulit ini. Pasalnya, Indonesia hanya membawa dua kiper ke turnamen tertinggi antar sepakbola di kawasan Asia Tenggara.

"Endra dihukum dan tidak bisa bermain. Kami hanya punya satu kiper untuk pertadingan melawan Singapura, jadi saya harus berpikir keras jika terjadi apa-apa dengan Wahyu," ujar sang arsitek.

Walau berada dalam tekanan, striker veteran Indonesia Bambang Pamungkas tetap bersikap optimistis. Menurut bomber Persija Jakarta tersebut, Indonesia belum habis meski hanya sanggup bermain imbang 2-2 lawan Laos.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Ini belum selesai. Melihat situasi kami saat ini, yang banyak dihuni pemain baru, hasil imbang (melawan Laos) bukan hasil buruk. Masih ada dua laga lagi," ujar Bambang, seperti dilansir situs resmi AFF.

Melihat rekor pertemuan, Indonesia belum pernah memetik kemenangan saat berjumpa Singapura di Piala AFF. Terhitung, kedua kubu sudah enam kali bertemu di turnamen ini sejak 1998. Indonesia empat kali menelan kekalahan.

Pada Piala AFF 2012, Indonesia kembali memiliki kesempatan untuk mengakhiri sejarah kelam ini. Namun tidak mudah melihat kepercayaan diri tinggi The Lions. Tim asuhan Radojko Avramovic itu sukses membuktikan sebagai kandidat kuat setelah sukses menekuk juara bertahan Malaysia 3-0 di pertandingan perdana.

Jika berhasil memetik kemenangan atas Indonesia, Singapura akan mengikuti jejak Thailand, yang telah memastikan diri melangkah ke semifinal. Kendati berbekal rekor bagus melawan Indonesia plus memiliki motivasi tinggi, Avramovic tidak ingin takabur.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Bagi pelatih asal Serbia itu, catatan bagus melawan Indonesia serta kemenangan di laga pembuka tidak relevan untuk menghitung peluang anak asuhnya bisa memetik poin penuh dari tangan sang tetangga. "Kami memang selalu tampil bagus saat menghadapi Indonesia. Tapi itu sudah menjadi masa lalu. Singapura harus menatap ke depan," kata Avramovic. (kd)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016