Lawan Singapura, Indonesia Fokus Pertahanan

Pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar (tengah), berbicara pada tim
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAbola - Lawan selanjutnya timnas Indonesia di Piala AFF 2012 bukan tim kacangan. Juara tiga kali dan pemimpin sementara Grup B, Singapura, bakal menjadi halangan. Jika ingin memperpanjang nafas, penampilan tim "Garuda" harus lebih baik dari laga perdana kontra Laos.

Pada laga akhir pekan lalu, Indonesia harus tertinggal dua kali sebelum berhasil memaksakan hasil imbang 2-2 setelah Raphael Maitimo dan Vendry Mofu menyelamatkan timnas dari kekalahan.

Disamping kartu merah yang didapat kiper Endra Prasetya, performa timnas kala itu juga jauh dari harapan. Pelatih Indonesia, Nil Maizar, pun meminta timnya bermain lebih baik apalagi Singapura dalam motivasi tinggi usai menggebuk Malaysia 3-0.

"Mereka memiliki banyak pemain berpengalaman di tim, jadi sudah jelas kami harus sedikit lebih berhati-hati," ujar Nil Maizar mengingatkan pada jumpa pers jelang laga, dinukil dari situs resmi AFF.

Soal skuat inti, pelatih yang sukses mengantarkan Semen Padang juara Indonesian Premier League itu mengungkapkan masih akan berbicara dengan tim pelatih. Selain Endra Prasetya yang kena larangan bermain, Tonnie Cussell juga kemungkinan tidak tampil sejak awal.

"Saya pikir kami harus lebih berkonsentrasi pada pertahanan karena penyerangan Singapura sudah terbukti saat mereka mengalahkan Malaysia pada laga terakhir. Kami harus lebih rapat dan tidak memberikan mereka ruang, kalau tidak kita akan mendapat masalah," tutur Nil.

"Saya ingin para pemain bersungguh-sungguh pada laga ini dan meminta mereka untuk menantang diri mereka sendiri. Memenangkan laga ini sangat penting karena hanya akan ada satu laga sisa saja. Semua pemain harus mengisi peran mereka dengan baik," tegas sang pelatih.

Di klasemen Grup B, Indonesia saat ini menduduki peringkat kedua dengan torehan sebiji poin bersama Laos. Sedangkan Singapura memimpin dengan torehan tiga poin setelah mengalahkan Malaysia 3-0 di pertandingan pertama.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia
Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016