Korupsi, Mantan Kapten FC Barcelona Dipenjara 3 Tahun

FC Barcelona
Sumber :
  • fcbarcelona.com

VIVAbola - Mantan kapten FC Barcelona dan juga bek timnas Rumania, Gheorghe Popescu, dijatuhi hukuman tiga tahun penjara oleh pengadilan tinggi Rumania, Senin lalu, 12 November 2012. Mantan pemain berusia 45 tahun itu terbukti terlibat dalam skandal korupsi transfer pemain.

Seperti dilansir Soccerway, Popescu bersama sejumlah terdakwa lain terbukti tidak membuka seluruh aliran dana transfer para pemain Rumania yang hijrah ke kompetisi di luar Rumania selama enam tahun (1999 hingga 2005).
 
Vonis tiga tahun penjara untuk Popescu merupakan yang teringan ketimbang terdakwa lainnya. Pasalnya, mantan Direktur Eksekutif Dinamo Bukarest Cristian Borcea yang juga dinyatakan terlibat, mendapat sanksi tujuh tahun penjara.

Adaoyb pemegang saham mayoritas Rapid Bukarest, George Copos, divonis lima tahun penjara. Sedangkan Direktur Steaua Bucharest Mihai Stoica dijatuhi hukuman penjara empat tahun. Semua tergugat diberikan kesempatan untuk mengajukan banding di Mahkamah Agung.

Skandal korupsi bukanlah kasus pertama yang menerpa Popescu. Pada April lalu, mantan pemain Tottenham Hotspur itu pernah dituduh terlibat dalam penipuan, kasus pajak dan pencucian uang. Namun tuduhan-tuduhan itu tidak terbukti dan dia dibebaskan.

Popescu bukanlah nama yang asing di dunia sepakbola. Dia menjadi kapten Barcelona saat tim tersebut menjuarai Copa del Rey 1997 dan Liga Europa 1997. Dia juga tampil di tiga Piala Dunia (1990, 1994 dan 1998) bersama timnas Rumania. (kd)

Spanyol Gagal Menang, Casillas Ciptakan Banyak Rekor
Duel Spanyol kontra Rumania

VIDEO: Spanyol Gagal Taklukkan Rumania

Spanyol tak mampu meraih kemenangan di 2 laga terakhir.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2016