Shevchenko Ditawari Jabatan Pelatih Timnas Ukraina

Pesepakbola legendaris Ukraina, Andriy Shevchenko
Sumber :
  • REUTERS/Alessandro Bianchi

VIVAbola - Federasi Sepakbola Ukraina (FU) menawari legenda AC Milan, Andriy Shevchenko untuk melatih timnas Ukraina. FU menilai Shevchenko memiliki kredibiltas untuk melatih tim berjuluk Zhovto-Blakytni tersebut.

Shevchenko memutuskan pensiun dari sepakbola usai Piala Eropa 2012. Ia juga menegaskan ingin terjun ke dunia politik. Namun, FU ingin membujuk Shevcenko untuk menggantikan tugas Oleg Blokhin yang telah mengundurkan diri.

"Presiden FU, Anatoliy Konkov, memutuskan untuk menawarkan Andriy Shevchenko posisi sebagai pelatih kepala," tulis situs resmi FU.

Shevchenko merupakan top skorer timnas Ukraina. Ia melesakkan 56 gol dalam 111 penampilan. Ia juga 56 kali menjadi kapten Ukraina. Prestasi terbaiknya adalah ketika mengantarkan negaranya ke babak perempat final Piala Dunia 2006.

Shevchenko memang belum berpengalaman sebagai pelatih. Namun, hal ini tidak menjadi masalah bagi Konkov. Menurutnya, Shevchenko takkan kesulitan menjadi pelatih karena ia sudah banyak menyerap ilmu dari pelatih-pelatih terbaik di dunia.
 
"Ia pernah membela klub seperti Milan, Chelsea dan Dynamo Kyiv. Tim-tim itu dilatih oleh pelatih-pelatih legendaris seperti Valeriy Lobanovskiy, Carlo Ancelotti dan Jose Mourinho," ucap Konkov.

Balas Dendam Eks Bomber Chelsea di Balik Pemecatan Mourinho?
Pesepakbola legendaris Ukraina, Andriy Shevchenko

Legenda AC Milan Resmi Jadi Asisten Pelatih Timnas Ukraina

"Jabatan ini akan membantu saya mengembangkan ide-ide untuk tim ini."

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2016