KPSI Bakal Bahas Sikap AFF Saat Kongres

Final Piala AFF Indonesia vs Malaysia
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAbola - Harmonisasi tim nasional (timnas) Indonesia akhirnya benar-benar menemui jalan buntu. PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin telah mendaftarkan 35 pemain yang akan berlaga di Piala AFF 2012. Begitu juga dengan PSSI kubu La Nyalla Mattalitti atau biasa disebut KPSI.

Kedua kubu mengirimkan nama-nama tersebut pada hari terakhir pendaftaran yang jatuh pada 25 Oktober 2012. Timnas kubu Djohar dipimpin Nil Maizar sedangkan timnas KPSI dipimpin Alfred Riedl.

Proses harmonisasi sebenarnya telah diupayakan tercipta lewat rapat joint committee yang digelar di kantor PSSI, 22 Oktober lalu. Namun, saat itu tidak ditemukan kata sepakat. Kubu Djohar menolak tawaran KPSI yang meminta agar kursi pelatih diberikan kepada Alfred Riedl.

Usai rapat, KPSI sebenarnya kembali berupaya mewujudkan harmonisasi timnas yang diamanatkan AFC kepada PSSI melalui surat tertanggal 21 September 2012. Salah seorang anggota JC dari KPSI kemudian menghubungi ketua JC, Todung Mulya Lubis. Namun, sesuai rilis yang diterima VIVAbola, upaya itu juga menemui jalan buntu.

"Kami sudah melakukan berbagai macam hal untuk mencari solusi terbaik. Namun, hingga hari ini (25 Oktober) sangat disayangkan titik terang belum juga terlihat," kata Hinca Panjaitan, Sekjen KPSI, dalam rilisnya, Minggu 28 Oktober 2012.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Karena deadline pendaftaran 35 orang pemain adalah hari ini, maka kami KPSI mendaftarkan pemain yang sudah dipersiapkan secara matang oleh Alfred."

"Kami percaya penuh bahwa 35 orang pemain ini merupakan perwakilan terbaik yang dapat membela Garuda,” terang Hinca.

Menurut dia, 35 nama yang dikirimkan ke AFC tidak seluruhnya berasal dari Liga Super Indonesia (ISL). Sebab, meski sebagian besar pemain terbaik Indonesia ada di sana, Riedl menilai beberapa nama dari Indonesian Premier League (IPL) juga layak dipanggil.

Meski demikian, Hinca menyadari bahwa keputusan tetap ada di tangan AFF. "Kami akan memantau terus perkembangan ini, dan apapun keputusan AFF, ini akan menjadi salah satu hal penting yang akan disikapi PSSI pada Kongres bulan November mendatang", tambahnya.

AFF telah merilis skuad awal tim Indonesia yang akan bertarung di Piala AFF 2012. Seperti dilansir situs resmi AFF, Indonesia akan diwakili oleh skuad yang diajukan oleh PSSI Djohar.

Berikut Susunan Pemain Timnas dari kedua kubu:
PSSI Pimpinan Djohar
Pemain: Samsidar, Endra Prasetya, Wahyu Tri Nugroho, I Made Wirawan, Handi Ramdhan, Raphael Guillerm, Novan Setya Sasongko, Nopendi, Fachruddin, Ellie Aiboy, Syamsul Arif, Irfan Bachdim, Hengki Ardiles, Wahyu Wijiasnanto, Rasyid Bakri, Firman Utina, Jajang Paliama, Muhammad Nur Iskandar, Bernardus Valentinus Telaubun, Ahmad Bustomi, Bambang Pamungkas, Andik Vermansyah, Hamka Hasah, Diego Michiels, Corneles Geddi, Vendry Mofu, Patrich Wanggai, Oktovianus Maniani,Rachmat Syamsuddin, Arthur Irawan, Hendra Baayauw, Tonnie Cusell, John van Baukering, Agung Supriyanto
Pelatih : Nil Maizar

PSSI Pimpinan La Nyalla
Pemain: Abdul Rahman, Zulkifli Syukur, Beny Wahyudi, Eka Ramdani, Ferdinan Alfred, Feri Rotin Sulu, Firman Utina, Hamkah Hamsah, Hasim Kipuw, I Made Wirawan, Jajang Sukmara, Kurnia Meiga Hermansyah, Muhamad Roby, Muhammad Ridwan, Patrich Steeve Wanggai, Rizki Ramdani Lestaluhu, Richardo Salampessy, Yohanes Ferinando Pahabol, Zulham Malik Zamrun, Supardi Nasir Bujang, Ponaryo Astaman Santoso, Alfaro Gonzales Christian Gerard, Bambang Pamungkas, Greg Nwokolo, Egi Melgiansyah, Ahmad Bustomi, Victor Chukwuekezie Igbonefo, Irfan Haarys Bachdim, Oktovianus Maniani, Diego Michiels (one)

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016