Riedl dan Nil Diusulkan Duduk Satu Meja

PSSI Joint Committee Meeting
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Salah satu anggota joint committee dari kubu KPSI, Togar Manahan Nero mencoba menawarkan solusi untuk memecah kebuntuan yang terjadi dalam rapat, Senin, 22 Oktober 2012. Menurut Togar, sebaiknya pelatih dari kedua pihak diberi kesempatan duduk bersama.

Seperti diketahui, rapat JC yang digelar di kantor PSSI, Senayan, sore tadi kembali menemui jalan buntu. Pasalnya, kedua kubu sama-sama ngotot dengan pendiriannya terkait sosok yang layak memimpin timnas pada Piala AFF 2012 yang akan bergulir November nanti.

Kubu KPSI menilai Riedl lebih pantas dari Nil Maizar untuk menempati posisi pelatih. Sebaliknya, kubu PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin yang diwakili oleh Saleh Mukadar menganggap Nil lebih layak. Sedangkan Riedl diusulkan sebagai adviser atau penasehat.

Togar menilai ada cara lain untuk menyelesaikan masalah tersebut. "
"Bagaimana jika biar mereka bertemu, kami tidak ikut campur. Biar mereka bertemu tentukan pelatih kepala," kata Togar kepada wartawan dalam jumpa pers usai rapat di kantor PSSI, Senayan, Jakarta.

Dengan demikian menurutnya, tidak tertutup kemungkinan kedua pelatih itu nantinya akan melakukan kompromi dan melakukan kerjasama dengan pembagian posisi guna membawa timnas Indonesia berprestasi di ajang bergengsi di Asia Tenggara pada November ini.

"Akan luar biasa jika keduanya dipertemukan. Keduanya bisa menjadi duet yang bagus untuk membuat timnas terbaik serta bisa memenuhi aspirasi semua pihak. Kita bisa menyebutnya dengan istilah dwitunggal," sambung anggota JC lainnya, Hinca Panjaitan.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Ditolak PSSI Djohar
Sayang, usulan ini juga ditolak mentah-mentah oleh Saleh Mukadar --anggota JC dari kubu PSSI pimpinan Djohar Arifin. Saleh mengatakan bahwa keputusan menunjuk pelatih terletak pada kewenangan Komite Eksekutif PSSI. Bukan oleh pelatih terkait sehingga pertemuan kedua pelatih tidak diperlukan.

"Semua kesepakatan kembali kepada Exco (Komite Eksekutif). Sampai hari ini, Exco tetap sah danĀ  Exco sudah memutuskan bahwa pelatih timnas adalah Nil Maizar," beber Saleh Mukadar.

Usulan lain juga dilontarkan oleh CEO PT Liga Indonesia yang juga anggota KPSI, Djoko Driyono. Menurutnya opsi dua pelatih patut dicoba mengingat jadwal Piala AFF 2012 sudah semakin dekat. Pada 25 Oktober 2012, seluruh peserta bahkan sudah diminta untuk menyerahkan daftar nama pemain dan pelatih (entry by name).

"Situasi memang injury time. Opsi duet pelatih bisa menjadi putusan. Sedangkan kaitan tentang usulan pembagian 15 pemain (dari ISL dan IPL) itu bukan berasal dari JC. Kami hanya fokus pada dua pelatih ini yang akan menentukan," kata anggota JC, Joko Driyono.

Anggota JC lainnya, Djamal Aziez menambahkan bahwa pertemuan Riedl dan Nil Maizar sebaiknya segera digelar. "Waktu pendaftaran terakhir adalah 25 Oktober 2012. Karena itu, Jeda waktu tersisa diharapkan Nilmaizar dan Riedl sudah berkomunikasi guna menemukan chemistry-nya. Akhirnya kedua pelatih ini saja yang memutuskan." (eh)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016