Untuk Pertama Kali EPL Salip Bundesliga dalam Hal Sponsor Jersey

Sponsor kakap di Premier League di kostum Liverpool dan MU
Sumber :
  • Zimbio

VIVAbola - Premier League memang menjadi magnet industri sepakbola global. Klub-klub kompetisi ranah Inggris itu mendapatkan total pendapatan hampir €150 juta, atau Rp 1,8 triliun lebih, hanya dari sponsor yang terpampang di kostum saja.

Berdasarkan European Football Jersey Report 2012/13 yang dikeluarkan SPORT+MARKT, pendapatan Premier League berhasil melewati klub-klub dari liga Jerman, Spanyol, Prancis, Italia dan Belanda.

Pendapatan yang didapat Premier League dari kontrak sponsor musim ini meningkat €28,2 juta (Rp 351 miliar) dari angka musim lalu €130,5 juta menjadi €148,7 juta.

Selama ini Bundesliga adalah liga dengan rata-rata pendapatan terbanyak dalam semusim. Namun, untuk pertama kalinya Premier League berhasil melewati sukses Jerman (rata-rata €6,7 juta) setelah angka rata-rata per klub mencapai €7,4 juta. Angka tersebut juga jadi yang paling tinggi dalam sejarah liga Eropa.

Dua klub Inggris dengan pendapatan terbesar dari sisi sponsor utama adalah Manchester United dan Liverpool. Menurut Premier League, AON dan Standard Chartered rela merogoh dana sampai €25 juta per musim (Rp 320 miliar), angka itu hanya kalah dari Barcelona yang dibayar 30 juta oleh Qatar Foundation per musim.

Naiknya pendapatan di Premier League juga tidak lepas dari keberhasilan klub-klub papan tengah merebut sponsor besar. Sunderland berhasil mendapatkan pemasukan lumayan dari organisasi nir-laba, Invest In Africa. Sedangkan Stoke City berhasil menggaet perusahaan judi, Bet365, melengkapi kerjasamanya dengan perusahaan finansial, Britannia.

Ketertarikan investor dan pihak sponsor untuk menaruh namanya di kostum klub Premier League memang bisa dimengerti. Selain memiliki basis suporter yang amat kuat dan disiarkan ke seluruh penjuru dunia, profesionalisme pemutaran liga pun sudah teruji. (irb)

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016