Messi dan Ronaldo Bintang El Clasico Putaran I

Cristiano Ronaldo merayakan gol dengan Sergio Ramos
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVAbola – Laga El Clasico jilid I di musim ini berakhir imbang 2-2 bagi Real Madrid dan Barcelona. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menjadi bintang dalam partai prestius di tanah Matador.

Dalam laga yang berlangsung di Camp Nou, Senin 8 Oktober 2012 dinihari WIB, Barcelona sempat berada di bawah tekanan. Cristiano Ronaldo membuka keunggulan Madrid di menit 23. Publik tuan rumah sempat terdiam.

Tapi situasi itu berubah di menit 31 saat Lionel Messi mencetak gol untuk menyeimbangkan kedudukan. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum. Menit 61, seisi Camp Nou bersorak menyambut gol Messi dari tendangan bebas.

Madrid tidak salah menjadikan Ronaldo pemain termahal dunia. CR7 menyelamatkan Los Galacticos dari kekalahan. Memanfaatkan umpan terobosan Mesut Ozil di menit 66, Ronaldo sukses mengoyak jala Victor Valdes untuk merubah kedudukan menjadi 2-2. Skor ini bertahan hingga wasit Carlos Delgado Ferreiro meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Menyingkapi hasil akhir pertandingan, entrenador Madrid, Jose Mourinho mengaku puas bisa memetik poin satu di kandang Barcelona. Tidak ada yang perlu dikecewakan dari hasil tersebut. “Menurut opini saya, ini hasil bagus. Ini hasil tepat jika Anda melihat jalannya pertandingan.”

Dia menilai, kedua tim berjuang hingga menit akhir pertandingan. “Kami harus melanjutkan performa ini. Masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Tidak hanya tim, tetapi juga Jose Mourinho.”

Bek muda Barcelona Tampil Solid
Di kubu Barcelona, sang entrenador, Tito Vilanova secara terbuka memberikan sanjungan atas penampilan impresif lini bertahan Barcelona. Bek muda Barcelona tampil solid.

Carles Puyol, Gerard Pique, dan Eric Abidal mengalami cedera. Kondisi ini kian diperparah karena Dani Alves ditarik keluar karena cedera di tengah pertandingan.

Untuk menambal empat pemain tersebut, Vilanova menerjunkan Martin Montoya dan Adriano. “Selamat kepada barisan pertahanan, terutama untuk Montoya dan Adriano. Tentu, pertandingan lawan Madrid tidak mudah dengan beberapa pemain muda,” kata Vilanova dikutip dari Soccerway.

Mantan asisten Josep Guardiola itu awalnya memang menaruh harapan besar, Puyol, Pique, Abida, dan Alves bisa dimainkan bersama di laga El Clasico. Namun, cedera yang menghimpit mereka membuat Vilanova harus putar otak mencari strategi bertahan terbaik.

Vilanova pun merasa, membutuhkan bek karakter cepat. Dan Adriano memenuhi kualifikasi tersebut hingga akhirnya sang entrenador menjatuhkan pilihan kepada Adriano dibanding menurunkan Alexander Song. “Saya sangat puas, pemain pengganti kami bisa melakukannya dengan baik,” ujar Vilanova.

Sementara itu, gelandang inspiratif Barcelona, Xavi Hernandez mengaku kecewa hanya tampil imbang kontra Madrid. Dia melihat, Barcelona sejatinya pantas mendapatkan kemenangan. Terutama, melihat dominasi dan penguasaan bola Barcelona.

“Melihat peringkat klasemen La Liga, hasil ini mungkin lebih baik bagi. Tetapi kami seharusnya kami bisa meraih kemenangan. Kami kehilangan kesempatan untuk memimpin 11 poin dengan Madrid. Terlepas dari hal itu, kami senang bisa unggul delapan poin dari Madrid saat ini,” tutur Xavi.

Bermain 2-2 kontra Madrid akhir pekan ini, membuat Barcelona menorehkan hasil imbang pertama di musim ini. Dalam enam pertandingan awal La Liga, Barcelona mulus tanpa kekalahan dan hasil imbang.

Laga junjung tinggi sportivitas
Tidak seperti laga El Clasico sebelumnya yang kerap dibumbui insiden kontroversial dan kartu merah, pertemuan Barcelona vs Madrid di putaran pertama La Liga berjalan  kondusif. Hampir tidak ada perselisihan berarti antara pemain kedua kubu.

Pemain Barcelona, Sergio Busquets memuji sikap kedua pemain dan pendukung menjunjung tinggi sportivitas. “Kami selalu mempromosikan sportivitas. Apa yang terjadi di El Clasico sebelumnya, bukan contoh bagus buat siapa pun. Kami telah belajar banyak dari hal itu,” ujar Busquets dilansir dari Football Espana.

Jose Mourinho yang sering melontarkan argumen tentang siapa pemain terbaik di El Clasico pun tidak ingin terlalu banyak berkomentar. Dengan diplomatis, pelatih asal Portugal itu mengatakan, Ronaldo dan Messi telah memperagakan penampilan luar biasa.

“Seharusnya, kami dilarang untuk berbicara tentang siapa pemain terbaik. Mereka berdua pemain fantastis,” ujar Mourinho mengirim pesan, kedua pemain terbaik di dunia itu telah mempertontonkan permainan kelas dunia. (sj)

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016