PSSI Tolak Usulan Duel Timnas

Jumpa Pers Boca Juniors Football School Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Ketua Umum PSSI versi KLB Solo, Djohar Arifin Husin, menolak  usulan uji coba sesama timnas yang diajukan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI). Menurut Djohar, pertandingan seperti itu hanya akan mengorbankan para pemain saja.

"Saya rasa niatan itu tak perlu dilayani. Dan jika niatan itu kami sanggupi, tentu para pemain yang akan menjadi korban. Kami tidak mau hal itu terjadi,” ujar Djohar kepada wartawan, Rabu, 3 Oktober 2012.

Sebelumnya KPSI melalui sekjennya, Tigor Shalomboboy, berniat mengirimkan surat kepada PSSI pimpinan Djohar Arifin. Isinya adalah usulan mepertandingkan kedua timnas yang ada saat ini. Pertandingan yang rencananya dilegar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini juga sekaligus menjadi ajang seleksi menuju Piala AFF 2012.

Usulan ini merupakan balasan KPSI terhadap upaya PSSI memanggil pemain-pemain ISL. Di mata KPSI, pemanggilan tersebut telah menyalahi kesepakatan tercipta dalam rapat joint committe dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Malaysia, 20 September lalu.

Seperti diketahui, PSSI telah memanggil 31 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan tahap ketiga. TC ini dipimpin oleh mantan pelatih Semen Padang, Nilmaizar. Dari 31 nama yang dipanggil, delapan di antaranya merupakan pemain yang berlaga di pentas ISL. KPSI kesal, karena PSSI tidak lebih dulu melakukan koordinasi dengan JC.

"Walau ada JC (joint committee), timnas tetap harus ada di bawah federasi (PSSI). Yang benar, JC tidak memiliki hak untuk memanggil pemain timnas. JC hanya mengharmonisasi, jika ada pemain atau klub-klub yang tidak mau dipanggil ke dalam timnas,” kata Djohar.

Konflik organisasi yang melanda PSSI telah berimbas terhadap pembentukan timnas proyeksi Piala AFF 2012. Saat ini ada dua tim yang sama-sama mempersiapkan diri menuju event ini. Tim bentukan PSSI Djohar dipimpin oleh Nil Maizar, sedangkan tim bentukan PSSI pimpinan La Nyalla atau yang hadapan AFC juga dikenal dengan sebutan KPSI ditangani oleh pelatih asal Austria, Alfred Riedl.


Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016