Vilanova: Bek Tengah Jadi Masalah Klasik Barca

Kapten Barcelona, Carles Puyol, meringis kesakitan saat menghadapi Benfica
Sumber :
  • REUTERS/Jose Manuel Ribeiro

VIVAbola - Keberhasilan Barcelona menaklukkan tuan rumah Benfica 2-0 pada penyisihan grup Champions League dini hari tadi harus dibayar mahal dengan cederanya sang kapten, Carles Puyol. Tapi di mata sang entrenador, Tito Vilanova, cedera Puyol bukan masalah besar.

Puyol mengalami cedera dislokasi pada siku tangan kirinya setelah salah mendarat saat mencoba melakukan tandukan di pertandingan dini hari tadi. Bek gaek Barca itu diprediksikan butuh waktu sebulan untuk kembali pulih. Cederanya Puyol tentu menjadi sebuah kerugian besar mengingat Barca akan melakoni laga El Clasico, akhir pekan ini.

Vilanova mencoba bersikap tenang. Menurut penerus Josep Guardiola ini, masalah di sentral pertahanan telah menjadi tradisi di Barcelona dan selalu ada jalan keluarnya. Salah satunya dengan memainkan pemain gelandang bertahan untuk mengisi pos bek tengah.

"Kami selalu mempunyai masalah dengan bek-bek tengah. Itu yang memaksa kami untuk mengubah pemain dalam beberapa posisi," kata Vilanova dilansir Soccerway.

"Puyol telah mengalami cedera ganda pada musim ini yang terbilang sangat tidak normal seperti cedera retak tulang pipi dan sekarang dislokasi pada sikunya. Kami akan menunggu dan melihat berapa lama dia harus keluar. Yang jelas ini sebuah kehilangan bagi kami," lanjut Vilanova.

Klaim Vilanova yang menganggap 'biasa' cedera Puyol ini sebenarnya beralasan. Dalam beberapa pertandingan Barca memang dipaksa tak dapat menurunkan bek-bek tengah terbaiknya karena cedera.

Karena itu, sosok Javier Mascherano dan yang terkini Alex Song yang notabenenya berposisi gelandang bertahan harus ditarik mundur untuk mengisi pos itu. Hasilnya, Barca tetap mumpuni meski kerap rapuh saat menghadapi serangan balik.

"Kemenangan yang memerlukan banyak usaha tapi yang terpenting kami membawa pulang tiga poin di Lisbon dan kami sangat bahagia dengan hasil ini," kata Vilanova.

Saat disinggung mengenai laga El Clasico mendatang, entrenador 43 tahun ini punya jawabab. "Akan menjadi pertandingan yang sulit saat melawan Real Madrid. Kami harus kembali bugar setelah dua pertandingan terakhir dan mulai memikirkan mengenai pertemuan di akhir pekan ini."

Di klasemen La Liga, Barca saat ini masih memimpin dengan torehan 18 poin atau unggul delapan poin dari Los Blancos yang harus tersangkut di posisi keenam klasemen sementara. (ren)

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016