Marah, Penonton Cekik Hakim Garis

Suporter saat mencekik hakim garis
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVAbola - Kekerasan yang menimpa perangkat pertandingan saat menjalankan tugasnya tak hanya terjadi di Indonesia. Belum lama ini, seorang asisten wasit yang bertugas pada sebuah pertandingan di Ukraina juga mengalami perlakukan yang tidak jauh berbeda.

Seperti dilansir dailymail.co.uk, nasib sial telah dialami oleh hakim garis yang bertugas pada laga Chornomorets vs Metalist. Dia menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh suporter yang marah.

Dalam rekaman video terlihat, peristiwa bermula saat wasit terlibat adu argumen dengan salah seorang official tim di pinggir lapangan. Dua hakim garis dan beberapa pemain berdiri di dekat lokasi kejadian. Namun, entah kenapa, seorang pria mengenakan baju ungu tiba-tiba berlari ke arah kerumuman. Pria bertubuh tinggi-besar itu lalu mencekik leher salah seorang hakim garis yang ada di sana.

Si korban berusaha melepaskan cengkeraman pria tersebut sembari berlari mundur. Upayanya akhirnya berhasil setelah seorang polisi dibantu dua stewart turun tangan. Meski bertubuh lebih kecil, polisi berhasil menjatuhkan pelaku. Bersama polisi lainnya dan dibantu stewart, pelaku lalu digiring menuju lorong ruang ganti.

Kekerasan memang tak jarang menimpa perangkat pertandingan. Bahkan wasit sekelas Paul E Alcock pernah mengalaminya. Pria yang sudah pensiun dari tugasnya sebagai pengadil lapangan itu pernah menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh Paolo Di Canio saat memimpin laga Sheffield Wednesday vs Arsenal, 26 September 1998. 

Saat itu, dirinya didorong hingga terjatuh usai memberikan kartu merah kepada Di Canio. Akibat perbuatan ini, Di Canio harus mendapat ganjaran berupa larangan tampil hingga sebelas laga.

Penonton Brutal, Ukraina Dihukum UEFA

Bek Semarang United Pukul Wasit LPI

Kekerasan yang menimpa perangkat pertandingan juga masih kerap menghiasi sepak bola Indonesia. Tak jarang, korban sampai harus mendapat perawatan di rumah sakit akibat luka yang dideritanya.

Banding Ditolak, Ukraina Tanpa Penonton di Kualifikasi PD 2018
Para pemain timnas Spanyol rayakan gol

Ungkapan Duka Timnas Spanyol dan Ukraina untuk Germanwings

Kedua tim sepakat kenakan ban hitam di lengan dan mengheningkan cipta.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2015