VIVABOLA

ISL & IPL Masih Terpisah Musim Depan

"Kedua liga akan berjalan pararel."
Kamis, 9 Agustus 2012
Oleh : Jonathan Pandapotan, Rejdo Prahananda
Joko Driyono

VIVAbola - Dualisme kompetisi nampaknya masih akan berlanjut di musim depan. CEO PT. Liga Indonesia, Joko Driyono tidak memungkiri, masih menemui sandungan untuk menyatukan dua kasta liga tertinggi Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Premier League (IPL) musim depan.

Joko menjelaskan, sukar mengimplementasikan salah satu point yang tertuang dalam MoU untuk membentuk satu kompetisi di bawah federasi resmi, mengingat progress kinerja Joint Committee yang masih jalan di tempat.

"Kedua liga akan berjalan pararel. Joint Committee spiritnya memastikan hanya ada satu liga, dan itu komitmen semua. Tapi, kami sudah menganalisa, sulit menerapkannya," tutur Joko selepas rapat evaluasi antara peserta klub ISL dan PT. Liga di Hotel Park Lane, Rabu 8 Agustus 2012 malam.

Karenanya, Joko berharap, Joint Committee bisa secepatnya membentuk format kompetisi baru. "Yang harus kami amankan adalah, Joint Committee ini harus bisa memastikan membuat regulasi, agar liga baru nanti itu seperti apa. Jika profile-nya sudah ditentukan, baru kami bisa menerapkannya dan prosesnya dikawal Joint Commitee."

Berangkat dari kenyataan tersebut, PT. Liga masih merekomendasikan kepada PSSI agar dua liga, ISL dan IPL tetap berjalan beriringan. Menurut dia,  PT Liga Indonesia, PT LPIS dan PSSI sendiri masih bisa menjadi hal yang sekunder. Paling substansial terletak pada klub anggota PSSI itu sendiri. Joko yakin, klub-klub yang berlaga di ISL dan IPL mempunyai tujuan sama, yakni meraih prestasi.

"Karenanya, kami harus memotivasi. Yang harus kita proteksi adalah klubnya, bukan liganya. Harusnya, IPL dan ISL dengan semua mimpinya, biarkan ini berjalan. Jangan sampai, kita tidak melindungi integritas masing-masing klub," ucap Joko.

Dia pun memandang, pentingnya merawat sinergi antara dua liga yang berdampingan, seperti saat kompetisi di Indonesia berformat Galatama dan Perserikatan. "Pada saat spiritnya itu nyaman, maka penyatuan itu tidak ada friksi sama sekali."

TERKAIT
TERPOPULER