Pindah ke PSG, Ibrahimovic "Termahal Dunia"

Zlatan Ibrahimovic saat membela AC Milan
Sumber :

VIVAbola - Mercato Liga Italia musim panas ini tertuju pada Zlatan Ibrahimovic. Ujung tombak AC Milan itu menjadi komoditas utama klub papan atas Eropa. Milan awalnya bersikukuh tidak akan melepas mesin golnya itu meski tawaran menggiurkan terhampar di depan mata.

Namun belakangan, pendirian Milan mulai goyah. Kabar dari Italia menyebutkan, I Rossoneri telah melego Ibra. Klub kaya Prancis, Paris St Germain (PSG) berada dalam antrean terdepan untuk mendapatkan jasa Ibrahimovic. PSG siap menggelontorkan dana yang nominalnya menggiurkan, yakni 60 juta euro (setara Rp 693 milliar) untuk mendapatkan bomber asal Swedia tersebut bersama bek Thiago Silva.

Spekulasi ini berhembus setelah agen sang pemain, Mino Raiola mengadakan pertemuan empat mata dengan CEO Milan, Adriano Galliani secara tiba-tiba, selang beberapa hari setelah Galliani menyatakan tidak akan melepas pemain bintangnya. "Milan telah menutup buku transfer," kata dia.

Bola panas berlabuhnya Ibrahimovic ke PSG kian mengemuka. Terutama, setelah surat kabar Prancis ramai memberitakan PSG melakukan pendekatan intensif guna memboyong Ibra ke Ligue 1. Dilaporkan Football Italia, krisis keuangan tampaknya berada di balik keputusan Milan untuk melepas Ibrahimovic.

Kini, transfer Ibrahimovic dan Silva ke PSG tinggal menunggu peresmian saja. Itu setelah Presiden AC Milan, Silvio Berlusconi menyatakan pihaknya sudah melepas kedua pemain tersebut. Ibra dan Silva disebut-sebut bakal hengkang ke PSG dengan biaya mencapai €65 juta atau sekitar Rp714 miliar.

Rumor hengkangnya Ibra dan Silva sendiri mencuat sejak beberapa hari belakangan. Indikasinya semakin menguat setelah muncul laporan tentang pembicaraan antara Adriano Galliani selaku wakil presiden Rossoneri dengan agen pemain Mino Raiola pada Rabu, 11 Juli kemarin yang kemudian dilanjutkan pertemuan dengan direktur PSG Leonardo Araujo.

Namun sebelum keluar laporan resmi dari hasil pertemuan itu, Berlusconi sudah lebih dulu memberikan keterangan. Dia menegaskan bahwa saat ini Milan sudah melepas Ibra dan Silva.

"Ya, saya sudah menjual Ibrahimovic dan Thiago Silva ke PSG. Kami akan menyimpan €150 juta dalam dua tahun ini," kata Berlusconi dikutip Football Italia, Jumat, 13 Juli 2012.

Zlatan pun dikabarkan telah setuju pindah dari Milan ke PSG. Agen Ibra, Mino Raiola, sudah bertemu dengan Direktur Olahraga Paris Saint-Germain, Leonardo. Keduanya sudah diberi "lampu hijau" oleh Rossoneri untuk bernegosiasi setelah PSG bersedia membayar €65 juta untuk paket pembelian Ibra dan Silva.

Pemain Termahal

Menurut L’Equipe, Ibra telah setuju melanjutkan kariernya di Paris dan kedua belah pihak tinggal mencari kesepakatan soal gaji. Gaji Ibra saat ini adalah €12 juta per tahun di San Siro.

Pemain asal Swedia itu pun menuntut kenaikan gaji menjadi €16 juta. Jumlah ini pernah ditawarkan PSG kepada penyerang Manchester City, Carlos Tevez, pada bulan Januari lalu. Namun, transaksi batal karena The Citizens enggan melepas pemain asal Argentina tersebut. Jika PSG sepakat, maka Ibra kemungkinan bakal menyandang status pemain dengan bayaran termahal.

Transfer Ibra 32 juta poundsterling atau setara Rp 467,1 milliar pun akan menjadikannya pemain termahal dunia. Itu jika jumlah tersebut digabungkan dengan biaya transfer Ibrahimovic sebelumnya, Ibra praktis telah mengumpulkan nilai transfer yang jumlahnya menyentuh angka 150 juta poundsterling. Dana yang sangat fantastis, karena jika dikonversikan ke mata uang Indonesia, uang sebesar Rp 2,189 triliun telah dikeluarkan untuk proses kepindahan Ibrahimovic.

Bukan rahasia bila transfer Ibra menyedot dana besar. Dia datang ke Juventus dari Ajax Amsterdam dengan harga €16 juta, lalu hijrah ke Inter Milan seharga €24,8 juta.

Selepas memperkuat Inter, Ibracadabra hijrah ke Barcelona dengan proses transfer yang sangat rumit. Mahar sebesar 46 juta euro ditambah tukar guling Samuel Eto'o membuat Barcelona berhasil mendapatkan jasa Ibra.

Namun, kariernya di Barcelona tidak mulus. Jarang mendapat tempat di skuad utama dan sempat bersitegang dengan pelatih Barcelona saat itu, Josep Guardiola membuat striker jangkung itu memilih kembali ke Italia.

Dia menyeberang ke AC Milan. Untuk mendapatkan jasa Ibrahimovic, Milan harus mengeluarkan dana mencapai 24 juta euro.

Peremajaan Skuad

Namun, di balik keinginan melepas Ibrahimovic, Milan diam-diam tengah mengincar jasa penyerang Manchester City, Edin Dzeko. Alasannya sederhana, kampiun Liga Champions 2003 dan 2007 itu ingin melakukan peremajaan skuad.

Ibrahimovic yang mulai tergerus usia tampaknya menjadi pertimbangan utama Milan. Dzeko kini berusia 26 tahun, lima tahun lebih muda dari Ibrahimovic.

Manajemen tengah menyusun rencana, uang hasil penjualan Ibrahimovic membuat mereka bisa mendapatkan dana ekstra. Milan menaruh ekspektasi, dana 25 juta pound bisa menjadi pelicin agar Manchester City melego pemain asal Bosnia & Herzegovina itu.

Sisa pembelian Dzeko nantinya diharapkan bisa menyehatkan neraca keuangan Milan. Spekulasi ini seakan menunjukkan, Milan tengah mencari modal untuk meregenerasi skuad. Dan bukan tidak mungkin, mereka akan kembali menghidupkan asa untuk mendapatkan jasa Carlos Tevez dengan uang hasil penjualan Ibrahimovic.

Namun, desas-desus Milan akan merekrut Dzeko langsung dibantah manajer City, Roberto Mancini saat mengunjungi Via Turatti, medio Mei 2012 lalu. "Ini hanya pertemuan antar sahabat. Ibrahimovic? Dia adalah seorang juara yang luar biasa. Tapi, semua fans Milan bisa tetap tenang," ujar Mancini saat itu. (one)

Awal Manis MU Menuju Musim Baru Premier League
Penyerang Paris Saint-Germain (PSG), Zlatan Ibrahimovic

Ibra Ogah Berhubungan Intim Jelang Tanding

Dia takut permainannya tidak maksimal.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016