Tekuk Persib, Sriwijaya Tutup Musim Sempurna

Sriwijaya FC
Sumber :
  • ANTARA/Fenny Selly

VIVAbola - Sriwijaya FC menutup musim Liga Super Indonesia (ISL) 2011-12 dengan sempurna. Mereka meraih kemenangan pada laga pamungkas, melengkapi mahkota juara ISL yang sudah direbut sebelumnya.

Bermain di Stadion Gelora Sriwijaya, Rabu 11 Juli 2012, Sriwijaya FC tidak mampu mencetak satu gol pun pada paruh pertama meski terus menekan.

Pada babak kedua, tuan rumah masih tidak mengendurkan tempo penyerangan untuk mencuri gol pertama pada laga tersebut. Tapi, mereka malah hampir kebobolan lebih dulu.

Menit ke-50, Sriwijaya FC hampir saja kebobolan lewat sebuah kesalahan fatal Ferry Rotinsulu. Nova Arianto bermaksud mengirimkan back pass, namun sang kiper gagal mengontrol bola dengan baik. Beruntung, bola masih membentur tiang dan gawang Ferry pun selamat.

Empat menit kemudian, ganti gawang Persib yang hampir kebobolan. Hilton Moreira berhasil menerima umpan panjang di kotak penalti. Pemain Brasil itu pun menggocek satu pemain sebelum melepaskan tendangan mendatar, tapi Jendri Pitoy mampu menghalau peluang itu dengan sempurna.

Pertahanan Persib dan Jendri Pitoy masih menjadi momok buat penyerang-penyerang Sriwijaya FC pada laga ini. Kesulitan menembus alotnya pertahanan lawan, Sriwijaya FC coba menekan lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Terhitung Keith Kayamba Gumbs dan Firman Utina sempat menebar ancaman ke gawang Jendri. Namun, peluang keduanya masih mentah di tangan sang kiper.

Menit ke-74, Persib sempat mengejutkan Sriwijaya FC saat tandukan Maman Abdurahman masuk ke gawang Ferry Rotinsulu. Namun, papan skor gagal berubah karena asisten wasit sudah mengangkat bendera lebih dulu.

Dua menit kemudian papan skor akhirnya benar-benar berubah, tapi bukan buat Persib melainkan untuk tuan rumah. Berawal dari kemelut di depan gawang, Nova Arianto hanya tinggal menendang bola ke gawang yang gagal diantisipasi kiper. SFC pun akhirnya unggul 1-0.

Menit ke-81 Persib hampir menyamakan kedudukan. M Ilham melepaskan tendangan voli keras dari luar kotak penalti, tapi upaya itu masih mentah karena bisa ditinju Ferry.

Persib terus tampil menekan. Menit ke-88, giliran Marcio Souza yang menebar ancaman. Tendangan bebasnya mengarah tepat ke arah gawang, namun Ferry berhasil menahan bola dengan baik.

Sisa waktu paruh kedua ditambah tiga menit waktu tambahan, kedua tim tetap tampil menyerang. Tapi, sampai peluit panjang skor 1-0 untuk kemenangan SFC masih bertahan.

Dengan hasil ini, Sriwijaya FC sudah pasti makin kokoh di puncak klasemen ISL. Total poin mereka musim ini adalah 79 dari 34 laga. Mereka berhasil unggul 11 poin atas Persipura Jayapura, yang kalah 1-2 oleh Persegres Gresik United.

Buat 'Maung Bandung', kegagalan merebut tiga angka ini membuat mereka hanya tertahan di peringkat 7 klasemen akhir ISL. Persib total mengumpulkan 49 poin dari 34 laga.

Susunan Pemain
Sriwijaya FC: Ferry Rotinsulu, Septia Hadi (Siswanto 70'), Nova Arianto, Thiery Ghatusy, Supardi Nasir, Lim Jung Sik, Firman Utina (Riski Novriansyah 87'), Ponaryo Astman, Hilton Moreira, Keith Kayamba Gumbs, M Ridwan

Persib Bandung: Jendri Pitoy, Zulkifli Syukur, Abanda Herman, Maman Abdurahman, Toni Sucipto, Atep, Hariono, M Ilham, Miljan Radovic (Budiawan 81'), Noh Alam Shah, Marcio Souza

(one)

Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016