VIVABOLA

Myanmar Lolos Putaran Final Piala Asia U-22

Pertandingan di Grup E akan digelar mulai besok, Kamis, 5 Juli 2012.
Rabu, 4 Juli 2012
Oleh : Marco Tampubolon
Malaysia vs Myanmar di SEA GAmes 2011

VIVAbola - Myamnar untuk sementara menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang berhasil melaju ke putaran final Piala Asia U-22 2013. Myamnar lolos setelah di babak penyisihan grup G sukses menempati posisi kedua dengan 13 poin dari 5 pertandingan.

Myamnar memastikan satu tempat di putaran final setelah di laga terakhir Grup G berhasil mengalahkan Malaysia 2-1. Dua gol Myanmar diborong oleh Kaung si Thu (34' dan 53'). Sedangkan gol balasan Malaysia dicetak Rozaimi lewat titik putih penalti.

Selain Myanmar, Korea Selatan juga mendapat jatah tiket ke putaran final setelah tampil sebagai juara grup G. Korsel tak pernah kalah dari 5 laga yang dilewati dan mengumpulkan 15 poin.

Hampir seluruh grup yang ada pada penyisihan Piala Asia U-22 sudah merampungkan pertandingannya. Sedangkan satu-satunya yang belum bertanding hanyalah Grup E yang dihuni oleh tuan rumah Indonesia, Australia, Jepang, Makau, Singapura, dan Timor Leste.

Rencananya, pertandingan di grup ini akan dimulai besok, 5 Juli 2012. Seluruh laga akan digelar di Pekanbaru, Riau, Indonesia. Pada laga pertama, Indonesia akan berhadapan dengan Australia.

Sebanyak 12 negara sudah memastikan diri tampil di putaran final. Mereka lolos setelah merebut posisi pertama dan kedua di masing-masing grup. Satu tiket putaran final lainnya akan diperebutkan oleh tim yang mendapat predikat peringkat ketiga terbaik.

Piala Asia U-22 sendiri baru pertama kali digelar oleh AFC. Semula, putaran final kejuaraan tersebut, digelar pada 2013 mendatang, namun akhirnya diundur hingga Januari 2014. Even yang akan digelar dua tahun sekali ini akan dijadikan kualifikasi tim-tim sepak bola yang akan bertarung pada Olimpiade 2016 mendatang.

Berikut Negara yang Lolos Putaran Final:
China, Iran, Irak, Yordania, Kuwait, Myanmar, Korea Utara, Arab Saudi, Korea Selatan, Syria, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Peringkat Ketiga Tiap Grup
A Oman (7)
D Yaman (7)
G Malaysia (6)
B Kyrgiztan (4)
C Bahrain (4)
F Laos (4)
E   ?

TERPOPULER