Catatan Italia di Final Piala Eropa

Pemain Italia merayakan sukses mereka ke final Piala Eropa 2012
Sumber :
  • Reuters

VIVAbola - Pertandingan melawan Spanyol di Stadion Olimpiade, Kiev, Ukraina, Minggu, 1 Juli 2012, akan jadi final ketiga bagi Italia. Sebelumnya mereka sudah pernah mencapai partai pamungkas turnamen sepakbola antarbangsa Eropa sebanyak dua kali yakni pada 1968 dan 2000.

Dari dua laga puncak itu, La Nazionale berhasil menang sekali. Berikut adalah sejarah Spanyol di final Piala Eropa:

1968

Inilah untuk pertama kali Italia mencapai laga pamungkas kejuaraan antarbangsa Eropa. Terselip juga cerita unik pada pagelaran ini.

Italia mencapai final dengan cara yang tidak lazim. Mereka menang lewat tos koin setelah selama 120 menit bermain tanpa gol dengan Uni Soviet.

Pada laga puncak, Italia diadang Yugoslavia. Awalnya, kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal dan tambahan. Kemudian disepakati mereka akan memainkan partai replay dua hari berselang. Dan Gli Azzurri akhirnya sukses membukukan kemenangan 2-0 lewat gol Luigi Riva dan Pietro Anastasi.

2000

Italia yang kala itu ditangani Dino Zoff tampil solid sejak awal turnamen. Mereka mencatat rekor 100 persen di babak Grup.

Pada semifinal, Italia harus meladeni tuan rumah sekaligus favorit juara Belanda. Bermain dengan 10 orang, tim negeri Pizza mampu memaksa Frank De Boer memainkan babak adu penalti. Dan berkat kecemerlangan Francesco Toldo di bawah mistar, mereka berhasil menang 3-1.

Namun Italia harus menelan pil pahit di partai puncak. Sempat unggul lewat gol Marco Delvecchio di menit 55, lawan mereka, Perancis, mampu memaksakan laga diteruskan dengan babak tambahan usai Sylvain Wiltord mencetak gol hanya beberapa detik sebelum wasit meniup peluit panjang.

Yang lebih mengenaskan, pada waktu ekstra itu, Les Bleus berhasil membobol gawang Italia untuk kali kedua melalui tendangan voli David Trezeguet yang menyambar umpan Robert Pires di menit 103. Pertandingan langsung bubar karena masih menggunakan sistem gol emas.

Gol Bomber Gaek Selamatkan Spanyol dari Kekalahan
Striker timnas Italia, Lorenzo Insigne (kiri), usai cetak gol.

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan

Berikut hasil lengkap laga internasional malam hingga dini hari tadi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016