Sergio Ramos Rencanakan Penalti 'Panenka'

Sergio Ramos tato
Sumber :
  • Zimbio

VIVAbola – Tendangan penalti ala legenda sepakbola Cekoslowakia, Antonin Panenka, kembali populer di ajang Piala Eropa 2012. Gelandang senior tim nasional Italia, Andrea Pirlo, dan bek Spanyol, Sergio Ramos, menghidupkannya lagi.

Pirlo melakukan tendangan chip tersebut saat Italia beradu penalti dengan Inggris di perempat final, Minggu 24 Juni 2012. Tiga hari berselang, Ramos mengikutinya ketika Spanyol mengalahkan Portugal di semifinal. Sepakan keduanya berhasil mengecoh kiper lawan masing-masing.

“Saya tidak berlatih melakukan penalti seperti itu. Saat itu, tendangan terjadi secara natural. Saya tidak pernah berpikir bagaimana kalau gagal dan hanya melakukannya,” ujar Pirlo seperti dilansir situs resmi UEFA.

Lain halnya dengan Pirlo, Ramos rupanya sudah berencana melakukan eksekusi tersebut. Bek Real Madrid ini sudah menduga laga Spanyol versus Portugal akan berujung dengan adu penalti.

“Saya sudah punya rencana itu saat babak tambahan. Tendangan seperti itu memang berisiko, tapi saya melihat kiper bergerak dan yakin dia akan membaca ke arah yang salah,” tutur bek 26 tahun ini kepada Telegraph.

“Keberhasilan menendang penalti seperti itu memang keberuntungan. Cukup hebat bisa melakukannya dan saya memang sangat percaya diri saat itu.”

Spanyol melangkah ke final setelah memenangi adu penalti 4-2 atas Portugal. Sedangkan Italia menyusul setelah mengalahkan Jerman 2-1 di Stadion Narodowy, Polandia, Kamis 28 Juni 2012 atau Jumat dini hari tadi.

Pertandingan final antara Spanyol versus Italia akan berlangsung di Olympic Stadium Kiev, Ukraina, pada 1 Juli mendatang. Laga ini dipastikan sengit lantaran Spanyol bertekad mempertahankan gelar juara, sedangkan Italia berambisi merebutnya.

Drama adu penalti bisa saja terjadi lagi. Akankah Pirlo dan Ramos mengulangi tendangan yang dilakukan Panenka pada 1976 silam tersebut? (one)

Ivanovic Jadi Korban Kedatangan Ramos ke Chelsea?
Pemain Real Madrid merayakan kemenangan di Liga Champions

Ramos: Real Madrid Masih Butuh Ronaldo

CR7 jadi kunci sukses Madrid melaju ke semifinal Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016