Del Bosque Tak Menyesal Loloskan Italia

Reaksi Pelatih Timnas Spanyol, Cesare Prandelli, saat melawan Italia
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVAbola - Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque mengaku tidak menyesal timnya akan menghadapi Italia di final Kejuaraan Eropa 2012. Sebelumnya, Gli Azzurri bisa lolos dari babak penyisihan grup terbantu dengan hasil pertandingan yang diraih La Furia Roja di laga terakhir Grup C.

"Kami tidak pernah menyesal melewatkan kesempatan mengeluarkan Italia dari kompetisi ini. Kami juga tidak menyesali kemenangan atas Kroasia di babak grup (19 Juni lalu)," ujarnya seperti dilansir Soccerway, Jumat 29 Juni 2012.

Selama babak penyisihan, La Furia Roja berada satu grup bersama Italia di Grup C. Apabila menengok perjalanan Italia ke final, skuad Gli Azzurri sempat terseok-seok di babak penyisihan grup.

Di dua laga pertama, Andrea Pirlo dan kawan-kawan hanya mampu bermain imbang dengan Spanyol dan Kroasia. Sehingga mereka berada di posisi tiga klasemen sementara dengan raihan poin 2 dari dua pertandingan.

Nasib lolos tidaknya Italia ditentukan oleh pertandingan Spanyol melawan Kroasia di laga terakhir grup. Saat itu, dua tim ini hanya membutuhkan hasil imbang saja agar keduanya bisa sama-sama lolos ke babak selanjutnya.

Namun, Dewi Fortuna nampaknya masih menghampiri Italia karena Spanyol mematahkan tuduhan 'main mata' dengan membungkam Kroasia 1-0 melalui gol Jesus Navas menjelang akhir pertandingan. Sementara Gli Azzurri berhasil mengalahkan Republik Irlandia dengan skor 2-0.

Italia pun menempati runner up klasemen akhir Grup C dengan poin 5, menyingkirkan Kroasia yang hanya meraih poin 4. Gli Azzurri berhak menemani Spanyol yang menduduki juara grup dengan poin 7.

Kini, kedua tim akan bertemu laga di final, Minggu 1 Juli nanti (Senin dinihari WIB). Skor imbang 1-1 yang dihasilkan saat keduanya beradu di babak penyisihan menggambarkan bagaimana kedua tim sebenarnya memiliki kualitas yang hampir berimbang.

"Kami punya dua hari untuk menemukan cara terbaik agar bisa mengalahkan mereka. Saya pikir pertandingan nanti peluangnya 50:50," ungkap Bosque.

Spanyol sedang mengejar catatan rekor menjadi negara pertama yang bisa mempertahankan gelar Kejuaraan Eropa berturut-turut. Sebelumnya, mereka telah menjadi kampiun Juara Eropa 2008. (eh)

Pro Kontra Nation League yang Digagas UEFA
Pemain Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas cs.

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Selasa Ini Hingga Rabu Dini Hari

Sore ini,Timnas U-19 akan melakoni laga terakhir penyisihan Piala Asia

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2014