Skandal Menjadi Keberuntungan Italia?

Pemain Italia merayakan sukses mereka ke final Piala Eropa 2012
Sumber :
  • Reuters

VIVAbola - Italia sukses mempecundangi Jerman 2-1 melalui pertarungan sengit di laga semifinal Piala Eropa 2012, Kamis, 28 Juni 2012 (Jumat dinihari WIB). Dua gol Italia dicetak oleh striker Mario Balotelli di menit 20 dan 36. Sementara gol hiburan Jerman dibukukan oleh Mesut Oezil dari titik putih.

Dengan kemenangan ini, Italia berhak melenggang ke laga puncak menantang juara bertahan, Spanyol. Pencapaian ini menjadi prestasi tersendiri bagi Gli Azzuri. Pasalnya, Italia sempat diragukan dapat melangkah jauh di turnamen ini setelah beragam masalah membelit jelang turnamen.

Dua striker andalannya, Antonio Cassano dan Giuseppe Rossi mengalami cedera dan harus menjalani perawatan panjang sejak awal musim. Beruntung nama pertama berhasil cepat pulih dan bisa dibawa ke Ukraina dan Polandia. Selain itu bek Daniele Criscito harus ditinggal karena menjalani pemeriksaan usai dituduh terlibat skandal pengaturan skor.

Namun jika ada yang beranggapan skandal pengaturan skor menjadi salah satu masalah yang merusak konsentrasi Italia, berarti tidak mengetahui sejarah Italia. Tidak bisa disangkal jika skandal kerap menjadi seperti keberuntungan bagi Italia menjalani turnamen resmi.

Tercatat, Italia dua kali sukses merengkuh gelar bergengsi kala dililit skandal seperti ini. Kesuksesan pertama terjadi di Piala Dunia 1982. Skandal suap yang membuat tim elit Italia, AC Milan degradasi ke Serie B justru membuat Italia tampil garang dan merengkuh gelar juara Piala Dunia.

Kesuksesan kedua terjadi pada Piala Dunia 2006. Italia yang kembali diterpa skandal suap yang membuat Juventus terdegradasi, mampu tampil dominan dengan menekuk Prancis di laga puncak. Dan tampaknya sejarah kembali terulang di tahun ini.

Sebelum berangkat ke Polandia dan Ukraina, Italia diterpa kasus tidak sedap terkait skandal suap yang melibatkan sejumlah klub dan pemain. Tapi hal itu justru membuat Italia bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya dengan melibas lawan-lawan yang menghadang sejak babak penyisihan.

Terakhir, di laga malam ini, Italia mampu menjungkalkan kandidat juara, Jerman dengan skor 2-1 di babak semifinal. Dengan kemenangan ini, Italia berhak melenggang ke final melawan juara bertahan, Spanyol. Layak disimak apakah skandal memang menjadi keberuntungan Italia saat menghadapi Spanyol di laga final nanti.

Gol Bomber Gaek Selamatkan Spanyol dari Kekalahan
Striker timnas Italia, Lorenzo Insigne (kiri), usai cetak gol.

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan

Berikut hasil lengkap laga internasional malam hingga dini hari tadi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016