Persija Tak Masalah Main Tanpa Bepe

Persija Jakarta Vs Persib Bandung
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Persija Jakarta berhasil melumat Sriwijaya FC 3-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu 24 Juni 2012. Saat striker bintang 'Macan Kemayoran', Bambang Pamungkas, absen, para pelapisnya mampu memberikan kontribusi maksimal.

Bambang harus absen pada laga melawan SFC karena didaulat menjadi duta Indonesia untuk membawa obor Olimpiade London 2012. Namun Pedro Javier dan Rahmat Affandi mampu mengisi kekosongan dengan menyumbang gol. Bahkan Rahmat Affandi mampu mencetak dua gol ke gawang Ferry Rotinsulu.

Bepe memang sosok besar di Persija, tapi kehilangan pemain bernomor punggung 20 itu dianggap masih belum berpengaruh banyak dari sisi teknis.

"Bepe sepanjang karir saya melatih, baik sebagai bekas pemain atau sudah jadi pelatih, menurut saya dia adalah sesuatu yang istimewa untuk sepakbola indonesia. Sikap, pengetahuan dan jiwa kepemimpinannya belum bisa dibandingkan dengan pemain lain," ujar pelatih Persija, Iwan Setiawan, usai laga.

"Secara teknis tanpa Bepe kita sebenarnya tidak ada masalah. Tapi nilai plus dari Bepe adalah leadership, dia bisa jembatani apa yang saya inginkan ke pelatih. Tapi secara teknis tidak ada masalah. Alhamdullilah, para pemain yang kami percaya hari ini ternyata mampu bermain bagus," lanjutnya.

Penampilan Persija sempat dinilai mengusung sepakbola negatif karena terlalu jarang menjaga tempo dengan menguasai bola. Namun Iwan menampik tuduhan tersebut, karena menurutnya skema Persija saat ini cukup ampuh untuk mendulang poin.

"Itulah Persija saat ini. Catatan sepanjang musim ini, 90 persen kita kalah ball possession, tapi bisa pada hasil akhir kita menang. Itu adalah kemampuan tim kami, fokus pada pertahanan dan menyerang lewat counter attack," papar Iwan.

"Kalau kita main ball possession, berarti kita tidak bisa terapkan serangan balik yang merupakan gaya penyerangan kami. Itu gaya bermain Persija saat ini," jelas mantan pelatih Persikabo itu.

Meski meraih tiga poin dari tangan Sriwijaya, Persija masih belum bisa beranjak dari peringkat empat klasemen ISL dengan total 52 poin.

Jadwal Siaran Langsung TSC, 5-7 Agustus 2016
Penyerang Sriwijaya FC, Alberto Goncalves, usai cetak gol

Sriwijaya FC Bantai PS TNI di Jakabaring

Tujuh gol tercipta di laga ini. Alberto Goncalves mencetak empat gol.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016