Tiga Kunci Sukses Sriwijaya Juara ISL

Sriwijaya FC
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Arif

VIVAbola - Sriwijaya FC berhasil keluar sebagai juara Liga Super Indonesia (ISL) musim 2011-2012.  Kepastian ini didapat setelah Firman Utina dan kawan-kawan menekuk Persela Lamongan 3-0 di Stadion Jakabaring, Palembang, Rabu 20 Juni 2012. 

Sriwijaya FC Bantai PS TNI di Jakabaring

Dengan kemenangan ini, Sriwijaya mengoleksi 73 poin. Jumlah ini tak bisa dikejar Persipura Jayapura yang duduk di posisi dua. Sebab, Tim Mutiara Hitam baru mengoleksi 62 angka dan tinggal memiliki tiga laga tersisa.

Ini adalah gelar juara Liga Indonesia kedua bagi Sriwijaya. Sebelumnya, Laskar Wong Kito juga pernah juara pada musim 2007/2008. Menurut Presiden Sriwijaya FC, Dodi Reza Alex Noerdin, ada tiga kunci sukses yang membuat Elang Andalas berjaya.

Penalti Luiz Junior Bawa Barito Ungguli SFC di Babak I

"Pertama, Sriwijaya didukung manajemen yang kuat, transparan dan modern. Kita pakai Presiden klub. Mana ada klub Indonesia yang punya Presiden selain Sriwijaya. Paling cuma Arema yang pernah punya. Kita juga punya direktur di bidang masing-masing mulai dari direktur keuangan, teknik, dan lain-lain," kata Dodi saat dihubungi VIVAbola.

"Kedua, kita sebisa mungkin membuat pemain nyaman. Mulai dari masalah gaji, bonus, dan lain sebagainya. Saya sampai gadai rumah buat bayar pemain. Kepentingan pemain itu selalu lebih kita utamakan."

Hadapi Sriwijaya FC di Laga Pertama, Ini Kata Pelatih Persib

"Ketiga, ada binaan yang bagus dari Gubernur Sumsel. Coba lihat Persija Jakarta, tidak juara-juara mungkin karena tidak dibina sama Gubernur-nya. Padahal klub ibukota, dana banyak, tapi tidak juara-juara," katanya.

Secara khusus, Dodi juga memuji tangan dingin pelatih Kas Hartadi. Pelatih 41 tahun itu sangat sukses dalam memberikan keseimbangan pada permainan Sriwijaya.

"Dia pelatih hebat. Saya tidak tahu dia pakai ilmu apa. Rahmad Darmawan sama Ivan Kolev sampai kalah sama dia. Yang jelas kami selalu berusaha membuat pemain nyaman dan suasana kondusif. Kalau ada masalah dengan pemain, kita belain," kata Dodi.

Sebagai juara ISL, Sriwijaya berhak tampil di Perang Bintang. Mereka akan berhadapan dengan tim all stars yang dipilih masyarakat Indonesia melalui polling sms.

Laga ini akan berlangsung pada 15 Juli mendatang di Stadion Jakabaring, Palembang, dan akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi ANTV mulai pukul 19.00 WIB. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya