Terbaik dan Terburuk di Babak Penyisihan Grup

Portugal Vs Belanda
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAbola - Babak penyisihan grup Kejuaraan Eropa 2012 telah berakhir. Semua pertandingan dari grup A hingga grup D telah rampung, sebanyak 8 negara sudah memastikan tempat di babak perempat final.

Jerman adalah tim terbaik di babak penyisihan grup. Anak asuh Joachim Loew ini menjadi satu-satunya tim yang mengoleksi poin sempurna, 3 kemenangan dari tiga pertandingan. Hebatnya lagi Der Panzer melakukannya di grup B yang disebut-sebut sebagai 'grup neraka'.

Hasil yang diraih juara bertahan Spanyol juga tak kalah impresif. Anak asuh Vicente Del Bosque tercatat sebagai tim yang paling produktif dan paling sedikit kebobolan di babak penyisihan grup. Mereka sanggup mencetak 6 gol dan hanya kebobolan 1 gol.

Sementara itu, Republik Irlandia tercatat sebagai tim terburuk di ajang yang berlangsung di Polandia dan Ukraina ini. Anak asuh Giovanni Trapattoni gagal mengoleksi 1 poin pun.

Irlandia hanya sanggup mencetak 1 gol dan kebobolan 9 gol dari 3 pertandingan. Catatan kebobolan 9 gol ini hanya lebih baik dari Yugoslavia di Kejuaraan Eropa 1984 yang kebobolan 10 gol.

Tak kalah buruk adalah hasil yang diraih Belanda. Sama seperti Irlandia, mereka juga mengakhiri babak penyisihan grup dengan 3 kekalahan. Parahnya lagi Belanda datang sebagai salah satu tim favorit dan digadang-gadang sebagai calon kuat juara.

Catatan kurang baik harus diraih dua tim tuan rumah, Polandia dan Ukraina. Kedua negara ini harus angkat koper lebih awal. Polandia harus menempati dasar klasemen grup A dengan 2 poin, sedangkan Ukraina finis di posisi ketiga grup D dengan 3 poin.

Hal menarik lainnya di babak penyisihan grup adalah tak ada satu laga pun yang berakhir dengan skor imbang 0-0. Minimal selalu ada 1 gol dalam tiap pertandingan, ini kali pertama terjadi di babak penyisihan grup Kejuaraan Eropa.

Belanda Permalukan Inggris di Wembley

Persaingan Top Skor

Sejauh ini ada tiga pemain yang sukses mencetak 3 gol di babak penyisihan grup. Mereka adalah Mario Gomez (Jerman), Mario Mandzukic (Kroasia), dan Alan Dzagoev (Rusia). Karena Rusia dan Kroasia telah tersingkir, praktis Gomez kini berpeluang besar menjadi top skorer.

Namun Gomez masih patut waspada. Sebab ada beberapa pemain juga yang sudah mencetak 2 gol dan lolos ke babak perempat final. Mereka adalah Petr Jiracek (Republik Ceko), Vaclav Vilar (Republik Ceko), Cristiano Ronaldo (Portugal), Cesc Fabregas (Spanyol), dan Fernando Torres (Spanyol). (umi)

Italia Jadi Korban Keganasan Jerman
Para pemain Jerman rayakan gol ke gawang Italia

Hasil Lengkap Laga Sepakbola Internasional Tadi Malam

Salah satunya, Jerman pesta gol lawan Italia.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2016