Akhir dari Paceklik Gol Tendangan Bebas

Andrea Pirlo
Sumber :
  • REUTERS/Dominic Ebenbichler

VIVAbola - Paceklik gol tendangan bebas di Piala Eropa diakhiri oleh gelandang timnas Italia, Andrea Pirlo. Berikut ini adalah sejumlah fakta menarik pasca-pertandingan Grup C antara Italia melawan Kroasia yang bermain imbang 1-1.

Italia kini telah gagal meraih kemenangan di enam laga Piala Eropa dan Piala Dunia secara beruntun. Rekor terburuk mereka di ajang bergengsi. Antara 2002 hingga 2004, Italia pernah mengalami lima pertandingan tanpa kemenangan di turnamen bergengsi.

Italia selalu gagal meraih kemenangan di dua laga awal dalam tiga ajang Piala Eropa terakhir. Pada Piala Eropa 2008, Italia hanya meraih satu poin dari dua laga awal. Di Piala Eropa 2004, Gli Azzurri hanya merebut dua poin di dua laga awal.

Kroasia mempertahankan rekor tidak kalah dalam empat pertemuan melawan Italia di pertandingan kompetitif. Menang 2-1 di Piala Dunia 2002, menang 2-1 dan imbang 1-1 di kualifikasi Piala Eropa 1996, dan kini 1-1 di Piala Eropa 2012.

Gelandang Italia Andrea Pirlo mengakhiri paceklik gol tendangan bebas di Piala Eropa. Pemain terakhir yang berhasil mencetak gol lewat tendangan bebas adalah Marek Heinz saat Republik Ceko melawan Jerman di Piala Eropa 2004.

Mario Mandzukic telah mencetak tiga gol di Piala Eropa 2012 dan menyamai legenda Kroasia, Davor Suker, yang sebelumnya mencetak tiga gol dalam satu ajang Piala Eropa.

Mario Mandzukic juga menyamai torehan gol Mario Gomez (Jerman) dan Alan Dzagoev (Russia) dalam puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2012.

Polandia tidak bersahabat dengan Italia. Dari lima pertandingan kompetitif yang dilakukan Italia di Polandia, semuanya berakhir imbang. Tiga kali terjadi saat melawan Polandia di kualifikasi Piala Dunia 1966, di kualifikasi Piala Eropa 1976 dan kualifikasi Piala Dunia 1998. Dua laga imbang 1-1 melawan Spanyol dan Kroasia di Piala Eropa 2012.

Italia kini punya dua dari tiga pemain tertua yang mampu mencetak gol di Piala Eropa 2012, yakni Andrea Pirlo (33 tahun) dan Antonio Di Natale (34 tahun). Pemain tertua adalah striker Ukraina Andriy Shevchenko (35 tahun).(Infostradalive)

Gol Bomber Gaek Selamatkan Spanyol dari Kekalahan
Striker timnas Italia, Lorenzo Insigne (kiri), usai cetak gol.

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan

Berikut hasil lengkap laga internasional malam hingga dini hari tadi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016