Skenario Italia Lolos ke Perempat Final

Spanyol vs Italia
Sumber :

VIVAbola - Setelah dua kali bermain imbang 1-1, dengan Spanyol dan Kroasia, di laga babak penyisihan Grup C Piala Eropa 2012, kini Italia hanya bercokol di posisi ketiga klasemen sementara dengan 2 poin. Dalam posisi terjepit, peluang Gli Azzurri lolos ke perempat final masih tetap ada walau terbilang kecil.

Jika masih ingin melaju, kemenangan sudah pasti menjadi harga mati buat Italia saat menghadapi Republik Irlandia di pertandingan terakhir. Namun itu tidak serta-merta meloloskan mereka juga.

Italia masih bergantung pada hasil laga Spanyol melawan Kroasia. Andai duel itu tidak berakhir imbang, maka satu slot di babak berikut sudah pasti menjadi milik anak-anak asuh Cesare Prandelli. Spanyol dan Kroasia kini sama-sama punya 4 poin.

Jika pertandingan Spanyol melawan Kroasia berkesudahan sama kuat, artinya akan ada tiga tim yang mengumpulkan lima poin .

Dengan begitu penetapan tim yang lolos harus mengacu kepada tie breaking criteria UEFA di mana jika lebih dari dua tim yang memiliki nilai sama maka akan ditentukan berdasarkan selisih gol terbesar dari pertandingan antara tim-tim terkait (hasil melawan Rep Irlandia dikesampingkan). Jika masih gagal, kemudian akan ditentukan lewat jumlah gol terbanyak dari pertandingan antara tim-tim terkait.

Artinya, jika pertandingan antara Spanyol menghadapi Kroasia berakhir imbang 2-2, 3-3, 4-4 dan seterusnya, maka Italia akan tersingkir karena mencetak gol lebih sedikit dalam pertemuan dengan kedua tim itu (Italia hanya imbang 1-1 melawan Spanyol dan Kroasia).

Gol Bomber Gaek Selamatkan Spanyol dari Kekalahan

Lain hal jika Spanyol melawan Kroasia berakhir imbang 1-1. Maka perhitungan akan dikembalikan pada jumlah gol masing-masing tim secara keseluruhan, termasuk melawan Rep. Irlandia. Dalam hal ini Italia wajib menang di atas dua gol atas tim asuhan Giovanni Trapattoni, namun tidak termasuk hasil 2-0. Andai menang 3-1, Italia lolos dengan perhitungan keunggulan peringkat UEFA.

Jika Spanyol dan Kroasia bermain tanpa gol, maka kemenangan dengan skor berapapun akan mengatarkan Italia mencapai putaran delapan besar.

Italia Lolos Jika ...

1. Italia menang, Spanyol vs Kroasia tidak berakhir imbang.

2. Italia menang, Spanyol vs Kroasia imbang 0-0.

3. Spanyol vs Kroasia 1-1 dan Italia lolos dengan keunggulan di dua gol atau lebih, tidak termasuk 2-0. Contohnya 4-2, 5-3 dan seterusnya. Jika 3-1, Italia lolos karena unggul koefisien ranking UEFA.

Striker timnas Italia, Lorenzo Insigne (kiri), usai cetak gol.

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan

Berikut hasil lengkap laga internasional malam hingga dini hari tadi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016