Cukur Persegres, Sriwijaya Kokoh di Puncak

Pelita Jaya Vs Sriwijaya FC Di ISL 2011/2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Sriwijaya FC kian mempertegas diri sebagai kandidat kuat sebagai kampiun ISL musim ini. Laskar Wong Kito mencukur tuan rumah Persegres Gresik United 5-1 di stadion Tridharma Gresik, Minggu 10 Juni 2012.

Pesta gol Sriwijiya dibuka oleh M Ridwan dan Siswanto di babak pertama. Sriwijaya kian mempertegas dominasinya di interval kedua. Raksasa Sumatra Selatan itu menambah tiga gol lewat Siswanto, Keith Kayamba Gumbs dan Firman Utina. Sedangkan, gol hiburan tuan rumah dicetak Gaston Castano.

Di babak kedua, Sriwijaya kembali menambah keunggulan. Berawal dari tusukan M Ridwan dari pinggir lapangan, pencetak gol pertama dalam pertandingan ini mengirim umpan lambung yang disambut tendangan voli Siswanto. Papan skor kembali berubah 3-1 di menit 58.

Deposit tiga gol, Persegres coba mengejar. Tim asuhan Joko Susilo sempat mendapat peluang lewat pemain pengganti Ahmad 'Poci' Rivai di menit 57. Sial, tendangan kerasnya belum menemui sasaran karean melambung di atas mistar. Pantang menyerang, Persegres berinisiatif mencari celah di ruang pertahanan Sriwijaya.

Sementara, tim asuhan Kas Hartadi itu berusaha memimpin penguasaan bola. Siswanto kembali mencetak kesempatan emas di muka gawang Hery pada menit 66. Namun tendangan lambungnya masih menyamping dari mistar. Tidak lama kemudian, giliran Persegres mendapat peluang. Sayang, kesempatan itu sirna karena tendangan yang dilepaskan Gaston Castano masih terlalu lemah.

Sriwijaya kembali di atas angin. Gumbs yang lolos dari jebakan off-side melepaskan tendangan mendatar yang meluncur deras ke gawang Hery. Sriwijaya menggenapkan keunggulan 4-1 atas Persegres. Meski kemenangan sudah di ambang mata, Sriwijaya belum puas. Sriwijaya kembali menambah rekening gol di menit 82. Tendangan bebas akurat yang dilepaskan Firman Utina membuat Sriwijaya jumawa dengan 5 gol.

Gol tersebut sekaligus menutup karnaval gol Sriwijaya di Stadion Tridharma. Lewat kemenangan ini, Sriwijaya kian kokoh di pucuk pimpinan klasemen mengemas 67 poin dari 28 partai. Firman Utina cs kini terpaut 9 angka dari pesaing terdekatnya, Persipura Jayapura yang menempati posisi dua.

Sementara, kekalahan telak ini memaksa Persegres harus berada satu tempat di atas zona degradasi. Laskar Joko Samudro duduk di peringkat 15 mengemas 30 poin dari 28 laga.

Sriwijaya FC Bantai PS TNI di Jakabaring

Susunan Pemain

Gresik United: Hery Prasetya, M. Kusen, Anang Ma'aruf, Kacung K. Munif, Gustavo Chena, Gangga Mudana (Ahmad Rivai 54'), Agus Indra K, Uston Nawawi (David Faristian 30') (Rizki Mirzamah 71'), Marwan Sayedeh, Gaston Castano

Sriwijaya FC: Ferry Rotinsulu, Supardi Nasir, Jaime Coyone, Thierry Gathusi, Mahyadi Panggabean (Risky Novriansyah 81'), Ponaryo Astaman, Firman Utina, Lim Jung Sik (Ruly Saputra 84'), Siswanto (Septia Hadi 71'), M. Ridwan, Keith Kayamba Gumbs

Penalti Luiz Junior Bawa Barito Ungguli SFC di Babak I
Pelatih anyar Persipura Jayapura, Liestiadi.

Kalah dari PSM, Pelatih Gresik United Amuk Wasit

"Bagaimana sepakbola kita maju kalau wasit kerap blunder," ujarnya.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016