Xavi: Era Catenaccio Italia Sudah Berakhir

Gelandang timnas Spanyol, Xavi Hernandez
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVAbola - Xavi Hernandez yakin timnas Spanyol tidak akan leluasa menyerang saat menghadapi Italia pada laga pertama Grup C Piala Eropa 2012 malam nanti, Minggu 10 Juni 2012. Xavi menilai Italia sudah meninggalkan sistem catenaccio.

"Italia telah mengubah sistem mereka. Sekarang mereka adalah tim yang ingin menguasai bola dengan banyak gelandang di tengah. Andrea Pirlo adalah pemain yang luar biasa di area itu," ujar Xavi seperti dilansir Football Italia.

Selain memiliki lini tengah yang hebat, Xavi juga menilai dua striker Gli Azzurri, Mario Balotelli dan Antonio Cassano, bisa menjadi ancaman bagi Spanyol pada laga yang akan berlangsung di PGE Arena, Gdansk, Polandia tersebut.

"Mereka juga punya dua striker hebat seperti Balotelli dan Cassano. Mereka sudah tidak bertahan seperti era catenaccio. Sekarang mereka lebih banyak memainkan bola, karena mereka punya pemain untuk melakukannya," papar Xavi.

"Kita akan melihat pertandingann menghibur. Ini bukan pertandingan di mana lawan kami banyak bermain bertahan dan Spanyol menguasai bola secara konstan," sambung gelandang Barcelona tersebut.

Tim lain di Grup C adalah Kroasia dan Republik Ceko. Dan Xavi menilai lawan tangguh Spanyol di Grup C bukan hanya Italia.

"Ini grup yang rumit. Kroasia adalah lawan yang kuat secara stamina, dan mereka akan menekan kami ketika menguasai bola. Pertandingan pertama adalah kunci, apalagi melawan Italia," tuntas Xavi. (one)

Xavi Rindukan Barcelona
Xavi menyumbang kapal pribadi untuk pengungsi

Xavi Sumbang Kapal Pesiar Pribadi untuk Bantu Pengungsi

Aksi mulia dari seorang legenda.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016