Pilih Tim Anda
Daftar

RD Luncurkan Buku Taktik Sepakbola

"Semoga buku yang sederhana ini bisa memberikan manfaat untuk teman-teman pelatih."
Minggu, 10 Juni 2012, 07:02 WIB
Zaky Al-Yamani, Anry Dhanniary
Rahmad Darmawan (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAbola - Pelatih papan atas Indonesia, Rahmad Darmawan, akhirnya meluncurkan buku bertajuk "Menjadi Juara dengan Sepakbola Possession" pada Sabtu malam, 9 Juni 2012. Meski sempat ragu, dorongan untuk memberikan sumbangsih untuk persepakbolaan tanah air membuat pria asal Lampung menyetujui proyek tersebut.

Dalam buku setebal 133 halaman itu, pelatih yang bersertifikasi A AFC itu tidak hanya bercerita tentang perkembangan taktik sepakbola, tapi juga teknik-teknik dan design latihan dalam skema sepakbola possession.

"Saya sering mencatat program-program yang diberikan pelatih saat masih jadi pemain. Lalu saya coba menganalisa, membandingkan dan coba mencari mana yang pas untuk diterapkan ke tim saya. Saya memang dari dulu sudah sangat ingin menjadi pelatih," ungkap Rahmad pada peluncuran buku tersebut.

"Sebelumnya saya sudah tolak dua tawaran. Lalu saat Ganesha (Putra, Penulis) menawari, saya masih ragu karena saya belum berikan apa-apa. Tapi karena dorongan dan keinginan membagi ilmu, akhirnya saya setuju," papar pelatih yang saat ini menangani Pelita Jaya itu.

Rahmad sadar betul mengenai perkembangan industri dalam sepakbola. Karena itu skema menguasai bola menurutnya patut dikembangkan seiring tuntutan segi bisnis pada sepakbola Indonesia saat ini.

"Saya ingin menciptakan sepakbola yang bisa ditonton, dinikmati. Semua orang sangat menyukai tim yang atraktif serta enak untuk dilihat. Yang paling sederhana, saat kita menguasai bola kita bisa lakukan apapun. Tapi kalau tidak bisa kuasai bola, kita tidak bisa buat apa-apa. Saat itulah saya sadar ini filosofi saya, jadi saya pegang terus," jabar RD.

"Permainan menarik bisa membuat industri bola lebih maju karena sponsor akan lebih ingin membiayai pada sebuah tim yang bermain menarik dan memiliki peluang untuk menang," jelas peracik strategi kelahiran 26 November 1966 itu.

Tapi jangan menyangka buku hasil tulisan Ganesha Putra itu akan lebih fokus pada sisi kehidupan sang pelatih. Buku yang dibanderol dengan harga Rp60 ribu itu lebih mengedepankan perkembangan teknik latihan dan daftar latihan dalam pengembangan sepakbola possession.

"Jadi untuk teman-teman pelatih, semoga buku yang sederhana ini bisa memberikan motivasi dan manfaat. Walau saya tahu buku ini sangat jauh dari sempurna," sambung RD merendah.

Manajer Pelita Jaya Karawang, Lalu Mara, mendukung penuh keputusan pelatihnya itu. Bahkan dirinya berjanji akan menyebar buku-buku tersebut ke sekolah sepakbola di Indonesia agar mendapatkan ilmu yang diberikan oleh RD.

"Buku akan selalu jadi bagian sejarah dan hasil buah pikir seseorang. Sebuah buku yang dibuat oleh pelatih besar macam pak Rahmad patut diapresisasi," ujar Lalu Mara pada acara peluncuran buku tersebut.

"Saya akan menyiapkan 100 buku ke berbagai SSB di Indonesia agar penyebaran ilmu ini bisa terjadi," lanjutnya.

Pada peluncuran buku tersebut RD terlihat sabar memberikan tandatangan dan foto yang diminta oleh para penggemar yang menghadiri acara kecil namun dihadari juga oleh legenda sepakbola Indonesia macam Ricky Yacob dan Sultan Harhara.



© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id