Simeone: Pengalaman, Guru Terbaik Falcao

Radamel Falcao mengusung trofi Liga Europa
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVAbola - Ekspresi kegembiraaan terpancar jelas di wajah pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. Euforia Simeone semakin lengkap setelah mengantarkan Atletico merebut juara Liga Europa. Ia terkesima dengan penampilan gemilang Radamel Falcao yang selalu belajar dari pengalaman.

Selain menyumbangkan dua gol di partai final kontra Athletic Bilbao, Falco juga mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak Liga Europa edisi 2011-12 ini. Sepanjang perhelatan kompetisi "kasta kedua" di Eropa itu, Falcao telah menjaringkan 12 gol. Raihan individual yang identik seperti musim lalu saat Falcao keluar sebagai pencetak gol terbanyak Liga Europa dengan mengemas 17 gol.

Catatan gemilang ini mengantarkan bomber asal Kolombia itu sebagai penyerang tersubur di Liga Europa. UEFA mencatat, Falcao berada di tempat kedua pencetak gol terbanyak di kompetisi ini dengan mengemas 29 gol. Ia hanya terpaut dua gol dari top skorer Liga Europa sepanjang masa, Henrik Larsson.

Simeone melihat Falcao merupakan panutan bagi semua elemen tim. Dia selalu mencoba untuk tampil konsisten di partai puncak. Sama seperti musim lalu saat pemain 26 tahun tersebut mencetak gol tunggal untuk membawa FC Porto menjadi kampiun Liga Europa.

"Pemain besar selalu menanggung risiko karena mereka memiliki pengalaman. Tetapi, jika mereka tidak menempatkan pengalaman di masa lalu untuk mendapatkan hal terbaik di partai final, pengalaman mereka tidak berarti apa-apa," ujar Simeone dikutip dari Marca.

Cedera, Falcao Absen Membela Monaco dalam Beberapa Pekan

Mantan entrenador River Plate itu mengaku tidak kaget dengan ketajaman anak asuhnya itu di muka gawang. Pelatih berkebangsaan Argentina itu mengetahui betul karekter permainan Falcao sejak masih merumput di River Plate.

"Saya sudah lama mengenal Falcao, sejak dia masih kecil. Saya sempat memilikinya di River Plate (pada 2008) di mana kami memenangkan Liga Clausura (Argentina) bersama dia. Saya mencintainya sebagai pribadi dan mengaguminya. Tidak ada batasan tertinggi untuk kariernya," tutur Simeone. (one)

messi hattrick, barca menang tipis atas madrid

'Tiga Kandidat Pemain Terbaik Eropa Tidak Layak'

Menurut legenda Barcelona.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016