Gagal Juara, Bielsa Siap Tanggung Jawab

Pelatih Athletic Bilbao Marcelo Bielsa
Sumber :
  • REUTERS/Rafael Marchante

VIVAbola - Pelatih Athletic Bilbao, Marcelo Bielsa, kecewa dengan kegagalan timnya meraih gelar juara Liga Europa 2011-12. Pria berkebangsaan Argentina itu menyatakan siap bertanggung jawab atas torehan negatif tersebut.

Pada laga All Spanish Final, Rabu 9 Mei 2012 atau Kamis dini hari waktu Indonesia, Athletic menyerah 0-3 oleh Atletico Madrid di Arena Nationala, Bucharest, Rumania. Ketiga gol klub Ibukota Spanyol itu dipersembahkan Radamel Falcao (7’ dan 34’) serta Diego Ribas di menit 85.

“Kami tidak mengharapkan hasil malam ini dan tidak menyangka perbedaan mencolok antara yang kami pikirkan dengan apa yang terjadi. Kuncinya adalah Atletico bisa mengatur permainan dengan baik, sedangkan kami sebaliknya,” ujar Bielsa seperti dikutip situs resmi UEFA.

“Kami ingin menyuguhkan gaya permainan tim, tapi tidak bisa melakukannya. Secara personal, saya yang akan bertanggung jawab atas hasil ini. Dan sangat wajar jika para pemain merasa hancur saat gagal mencapai target.”

Bielsa pun mengklaim, kekalahan dengan tiga gol tanpa balas itu tidak layak bagi timnya. Sebab, menurut dia, Fernando Llorente dan kawan-kawan memiliki lebih banyak peluang mencetak gol.

“Margin kemenangan mereka sangat tidak pantas dan perbedaannya dibesar-besarkan. Menurut sudut pandang saya, kenyataan di lapangan adalah mereka mencetak tiga gol dan menciptakan 8 peluang. Sedangkan kami punya 9 peluang, tapi tidak mencetak gol,” sesal pelatih 56 tahun itu.

Meski demikian, Bielsa tak segan mengakui buruknya barisan pertahanan tim besutannya itu. “Kami tidak mampu bertahan dengan baik. Performa kami sangat kurang dari apa yang sesungguhnya bisa kami lakukan. Tentu ini tanggung jawab saya,” tuturnya. (sj)

Atletico Siap Libas Barca dan Madrid Musim Depan
messi hattrick, barca menang tipis atas madrid

'Tiga Kandidat Pemain Terbaik Eropa Tidak Layak'

Menurut legenda Barcelona.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016