"Pep Berhasil Sempurnakan Kerja Rijkaard"

Josep Guardiola dalam jumpa pers pengumuman pengunduran dirinya
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVAbola - Mantan pemain Barcelona, Anderson Luís de Souza atau yang lebih dikenal dengan nama Deco, mengakui keberhasilan Azulgrana di era Pep Guardiola. Menurutnya, Pep telah sukses menyempurnakan kerja dari seniornya, Frank Rijkaard.

Deco adalah salah satu pentolan Barca di era Rijkaard. Ia membela El Barca pada 2004-2008 dan menyumbangkan lima gelar prestisius. Setelah memasuki era Pep, Barcelona makin menggila. Xavi dan kawan-kawan sukses merebut 12 gelar dalam waktu empat tahun.

"Menurut pemain yang mereka miliki saat ini, Barcelona adalah tim yang sudah berubah, tapi budayanya tetap sama. Guardiola dengan sempurna sukses mengasah gaya umpan-umpan Barca, karena dia seseorang yang sudah tenggelam dalam budaya itu," kata Deco seperti dilansir FIFA.com.

"Perbedaan terbesar antara tim sekarang dan tim saya adalah tim sekarang memiliki pemain-pemain dengan karakteristik di setiap posisi, sedangkan kami hanya memiliki empat atau lima pemain. Ini luar biasa, bahkan ketika pemain Barca yang paling terampil saat ini terlihat akan kehilangan bola, mereka masih berusaha untuk mencoba mengumpan bola."

"Untuk melakukan itu, Anda tidak cuma butuh kualitas, tapi Anda juga memerlukan mentalitas yang tepat," kata Deco.

Era Pep sendiri akan berakhir musim ini. Mantan pemain Brescia itu mengundurkan diri dari posisinya. Pengganti Pep adalah asistennya, Tito Vilanova.

Pep Larang ManCity Main Bola Panjang
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016