Ramadhan: TC Kurang Afdol Tanpa Pemain ISL

Latihan Timnas Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAbola - Manajer timnas senior Indonesia, Ramadhan Pohan menyayangkan ketidakhadiran 12 pemain ISL yang dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan (TC) timnas. Politisi Partai Demokrat itu pun mengaku akan berupaya keras membujuk para pemain ISL untuk segera bisa bergabung dalam pemusatan latihan yang digelar di Yogyakarta.

"Belum afdol memang rasanya kalau kawan-kawan pemain ISL belum bergabung (pemusatan latihan timnas). Tapi saya berharap beberapa pemain akan bergabung dalam beberapa hari ke depan," ujar Ramadhan Pohan dalam jumpa pers di Senayan, Jumat, 27 April 2012.

Seperti diketahui, awal April lalu, PSSI memanggil 45 pemain yang berlaga di sejumlah kompetisi domestik dan luar negeri untuk menjalani pemusatan latihan timnas senior. 24 pemain berasal dari kompetisi IPL, 12 berasal dari kompetisi ISL dan 9 pemain yang merumput di kompetisi eropa dan Australia. Namun pemusatan latihan yang telah dimulai sejak 17 April lalu hanya diikuti oleh sekitar 18 pemain IPL.

Ramadhan enggan menduga-duga apa alasan yang membuat para pemain ISL dan pemain yang merumput di luar negeri menolak memenuhi panggilan timnas. Namun yang pasti Ramadhan berkeyakinan hal tersebut bukan disebabkan adanya konflik yang terjadi di PSSI. Melainkan karena memang kompetisi ISL dan beberapa kompetisi eropa saat ini tengah berlangsung dan tenaga para pemain masih dibutuhkan oleh masing-masing klub.

"Saya kira jumlah maksimal (seluruh pemain memenuhi panggilan) akan tercapai jika kompetisi sudah usai. Beberapa pemain sudah mengkonfirmasi untuk bergabung. Jumlahnya sekitar 5 orang, tapi belum tahu perkembangan ke depannya. Saya berharap seluruhnya bisa datang," ujarnya.

"Kalau untuk pemain yang di luar negeri, saya mendapat informasi mereka awalnya sudah mau bergabung, seperti Syamsir Alam dan klubnya (CS Vise) yang sempat oke. Tapi perkembangan berikutnya, tidak jadi. Saya berpikiran baik saja karena ada kompetisi yang sedang berjalan," tambahnya. (irb)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016