Bilbao 'Kubur' MU di San Mames

Pemain Athletic Bilbao
Sumber :
  • REUTERS

VIVAbola - Athletic Bilbao mengubur ambisi Manchester United untuk bisa melaju ke babak perempat final Liga Europa. Tim besutan Marcelo Bielsa itu kembali sukses menekuk The Red Devils pada leg kedua babak 16 besar dengan skor 2-1 di Estadio San Mames, Jumat, 16 Maret 2012.

Dengan hasil itu maka Bilbao dinyatakan berhak tampil di babak selanjutnya. Mereka menang dengan agregat 5-3. Pada pertemuan pertama di Old Trafford, Los Leones diketahui juga berhasil menang 3-2.

Di pertandingan ini Bilbao tampil cukup dominan. Mereka berhasil terus menekan dan membuat MU kesulitan mengembangkan permainan.

Pada menit 23, Bilbao berhasil mencetak gol pertama sekaligus mencatat keunggulan 1-0. Berawal dari umpan lambung diagonal Jon Aurtenetxe dari belakang garis tengah, Fernando Llorente yang berlari memasuki kotak penalti lawan langsung menyambutnya dengan sebuah tembakan first time.

David De Gea yang berdiri dibawah mistar sempat bereaksi, namun tetap saja dia tidak mampu menjangkau bola yang akhirnya masuk ke dalam gawang. Skor itu bertahan sampai turun minum.

Di awal babak kedua Bilbao semakin menggencarkan serangan. Beberapa peluang tercipta, namun gol sendiri baru kembali tercipta di menit 65. Kali ini Oscar De Marcos yang mencatatkan namanya di papan skor. Dia mengoyak jala gawang MU dengan sebuah tendangan keras usai mendapatkan bola muntah hasil buangan kurang sempurna Chris Smalling.  2-0 Bilbao unggul.

MU lalu berhasil balik menyengat Bilbao melalui gol Wayne Rooney di menit 80. Striker timnas Inggris itu membobol gawang yang dikawal Gorka Iraizoz dengan sebuah tendangan keras dari luar kotak penalti. Skor 2-1 itu bertahan sampai wasit meniup peluit panjang.

Susunan pemain:

Athletic Bilbao:
Gorka Iraizoz,  Andoni Iraola, Javi Martínez, Fernando Amorebieta, Jon Aurtenetxe, Ander Iturraspe, Ander Herrera (Inigo Perez 82'), Oscar De Marcos, Markel Susaeta, Fernando Llorente (Gaizka Toquero 40') , Iker Muniain (San Jose 88').

Manchester United: David De Gea, Rafael Da Silva, Jonathan Evans, Rio Ferdinand (Chris Smalling 63'), Patrice Evra, Park Ji-Sung, Michael Carrick (Paul Pogba 63'), Tom Cleverley, Ryan Giggs (Danny Welbeck 68'), Ashley Young, Wayne Rooney.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016