10 Calon Pengganti Guardiola Bocor ke Media

Andre Villas Boas
Sumber :
  • footzooka

VIVAbola - Manajemen Barcelona sudah mengantisipasi jika rumor hijrah pelatih Pep Guardola menjadi kenyataan. Barca mendaftar beberapa calon suksesor Guardiola.

Menariknya, dari daftar yang bocor ke Marca itu muncul nama manajer Chelsea yang terancam dipecat, Andre Villas-Boas. Rencana ini disusun Direktur Olahraga, Andoni Zubizarreta, untuk mengantisipasi segala kemungkinan jika Guardiola yang hanya mau dikontrak per musim memutuskan untuk meninggalkan Barca.

Berikut daftar kandidat pengganti Guardiola itu:

1. Andre Villas-Boas
Pria Portugal ini mengantarkan FC Porto menjadi juara Liga Europa musim lalu. Sayangnya, sentuhan tangan dingin AVB mendadak hilang kala menangani Chelsea. Inkonsistensi penampilan The Blues musim ini membuat pria 34 tahun ini terancam dipecat.

2. Ernesto Valverde
Pria Spanyol 48 tahun ini pernah menjadi pemain Barcelona era 1988-1990. Valverde pernah menukangi beberapa tim Spanyol sehingga tak canggung lagi jika menangani Barca. Ia kini menukangi tim Yunani, Olympiacos.

3. Marco van Basten
Van Basten sangat sukses kala menjadi pemain. Pria 47 tahun ini pun terbilang sukses saat menangani tim nasonal negerinya, Belanda era 1893-1992. Sejarah Barca yang lekat dengan pelatih sukses Belanda, Johan Cruyff ikut mengatrol Van Basten ke Camp Nou.

4. Joachim Loew
Mantan asisten Juergen Klinsmann era 2004-2006 ini mewarisi tim dengan sempurna. Tim yang dibangun oleh Klinsi diteruskan Loew lebih hebat. Kemampuan pria Jerman 52 tahun ini dalam meregenerasi pemain, menemukan serta memoles bakat-bakat hebat di Jerman tentu sangat disukai klub-klub, terutama El Barca. Uniknya, Loew juga menjadi kandidat suksesor pelatih Real Madrid, Jose Mourinho yang juga rival bebuyutan Barca.

5. Marcelo Bielsa
Pernah menangani dua tim  nasional, Argentina dan Chile jadi reputasi mentereng Bielsa. Pelatih berjuluk El Loco alias Si Gila ini kini menukangi tim Spanyol, Athletic Bilbao. Uniknya, pria 56 tahun ini juga masuk kandidat suksesor Mourinho di Madrid.

6. Luis Enrique
Pria yang pernah berkostum dua tim bermusuhan, Madrid dan Barcelona ini disebut-sebut juga punya sentuhan midas seperti Guardiola. Sempat diragukan di awal musim, Enrique mulai membawa AS Roma mantap bertahan di papan atas klasemen Serie A. Sebagai mantan pelatih tim Barcelona B, pria 41 tahun ini sangat layak menukangi tim senior Blaugrana.

7. Oscar Garcia
Pemain Barcelona era 1992-1999 dan produk akademi La Masia ini kini menangani tim muda Barca. Pria 38 tahun ini layak dipromosikan jadi arsitek tim senior.
 
8. Lluis Carreras
Produk akademi Barca, La Masia ini tentu tak asing lagi jika harus menangani para pemain di Camp Nou. Apalagi, Carreras juga menjadi andalan Barca era 1993-1996. Pria 39 tahun ini kini menukangi tim Divisi 2 alias Segunda Division, Sabadell.

9. Tito Vilanova
Francesc "Tito" Vilanova i Bayo juga produk akademi la Masia. Pria 42 tahun ini hanya berkostum Barca B era 1988-1990. Pria yang pernah dicolok matanya oleh pelatih Real Madrid, Jose Mourinho ini kini menjadi asisten Guardiola.

10. Eusebio Sacristan
Gelandang elegan ini melambungkan prestasi Barca di pentas domestik dan Eropa era 1988-1995. Sacristan yang berusia 47 tahun kini menukangi tim Barca B.

Pep Larang ManCity Main Bola Panjang
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016