Pekerja Piala Dunia 2014 Ancam Mogok

Pekerja Piala Dunia 2014 Brasil
Sumber :
  • REUTERS/Ueslei Marcelino

VIVAbola - Persiapan Brasil sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014 terus mendapat masalah. Kali ini sekitar lebih dari 20 ribu pekerja mengancam mogok jika tidak mendapat upah yang mereka tuntut.

Pemimpin Serikat Pekerja Brasil (CUT) Claudio da Silva Gomes menegaskan tidak semua pekerja yang melakukan renovasi dan pembangunan stadion mendapatkan upah yang rata. Padahal semuanya melakukan pekerjaan yang sama di setiap venue.

Gomes mengatakan lebih dari 20 ribu pekerja akan melakukan mogok bulan depan, jika perusahaan konstruksi tidak memberikan upah yang rata.

"Kami punya pekerja yang melakukan tugas yang sama, tapi mereka tidak mendapatkan upah atau keuntungan yang sama di setiap venue. Ini tidak masuk akal. Jika mereka melakukan tugas yang sama, mereka seharusnya mendapatkan upah yang sama, terlepas di daerah mana mereka bekerja," ujar Gomes seperti dikutip dari Washington Post.

Gomes kemudian mencontohkan, para pekerja di bagian tenggara dan selatan Brasil, mendapatkan upah dua kali lipat dibanding pekerja di bagian timur Brasil. Padahal semua pekerja tersebut berada di bawah satu perusahaan.

Ancaman mogok bisa mengganggu persiapan Brasil sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014. Bahkan sebelumnya, FIFA telah mengatakan persiapan Brasil sudah cukup tertinggal jadwal. Salah satu yang mengkhawatirkan adalah pembangunan dan renovasi stadion di 12 kota.

Setidaknya ada empat stadion yang sudah harus selesai renovasi dan pembangunan sebelum 15 Juni 2013, yakni Mineirao, Nacional, Castelao dan Maracana. Pasalnya, akan digunakan untuk menggelar Piala Konfederasi 2013, atau ajang pemanasan sebelum Piala Dunia 2014. (irb)

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016
Tim penjinak bom Brasil meledakkan paket

Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016

Ditemukan paket misterius di dekat garis finis.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016