Bursa Transfer Januari Kompak 'Sepi' Kejutan

Eduardo Vargas
Sumber :
  • football365.com

VIVAbola - Nama striker Manchester City, Carlos Tevez menjadi pusat perhatian selama bursa transfer Januari 2012. Berpotensi menjadi kejutan dalam bursa transfer pertengahan musim, Tevez akhirnya memilih bertahan di Etihad Stadium sekaligus menutup cerita bursa transfer kali ini dengan lesu.

Dengan tertutupnya peluang Tevez hengkang itu, maka tak ada perpindahan pemain yang pantas disebut sebagai sebuah 'kejutan'. Lesunya bursa transfer pemain di musim dingin ini ternyata sangat merata di liga-liga terbaik Eropa macam Premier League, Serie A dan La Liga.

Untuk menengok lesunya bursa transfer Januari ini, tentu tak salah memilih Premier League sebagai barometer. Sebab, kompetisi di daratan Inggris ini dihuni tim-tim yang relatif merata secara finansial dan selalu menghadirkan gairah dalam melakukan tambal sulam pemain karena ketatnya persaingan.

Pada bursa transfer Januari ini, total klub-klub Premier League hanya menghabiskan dana sebesar 78 juta. Jumlah yang tentu sangat sedikit dibanding bursa transfer musim panas tahun lalu. Musim panas lalu saja, kepindahan Fernando Torres dari Liverpool ke Chelsea senilai 60 juta.

Di pentas Premier League, nama Papiss Cisse menjadi pemain termahal yang didatangkan pada bursa transfer musim panas. Newcastle United mendatangkan striker timnas Senegal berusia 24 tahun ini dari klub Bundesliga, Freiburg senilai hampir 12 juta. Ia dipersiapkan sebagai tandem striker subur The Magpies, Demba Ba.

Chelsea menjadi klub yang paling besar mengeluarkan dana di bursa transfer ini. Klub milik Roman Abramovich ini total mengeluarkan dana sebesar 18,5 juta untuk mendatangkan striker Patrick Bamford dari Nottingham Forrest (2 juta), gelandang Kevin De Bruyne dari Genk (8 juta) dan bek Gary Cahill dari Bolton Wanderers (8,5 juta).

Diikuti tim promosi Queens Park Ragers (QPR) dengan total 12,8 juta untuk mendapatkan Bobby Zamora dari Fulham (4,8 juta), Nedum Onuoha dari Manchester City (3 juta) dan Djibril Cisse dari Lazio (5 juta). Sedangkan tim-tim raksasa Premier League macam duo Manchester, City dan United, Arsenal dan Tottenham Hotspur terbilang tak aktif kali ini.

Arsenal hanya mendatangkan gelandang Thomas Eisfeld dari Borussia Dortmund senilai 500 ribu. Sedangkan MU mendatangkan bek Frederic Veseli dari Manchester City yang nilai transfernya masih dirahasiakan. ManCity lebih kalem dengan hanya meminjam gelandang veteran AS Roma, David Pizarro.

"David Pizarro adalah pemain yang sangat berkualitas. Saya pikir dia bisa membantu kami dalam tiga bulan ke depan karena sekarang kami mulai bermain setiap tiga hari. Dan, mungkin kami bisa mengistirahatkan pemain lain yang telah bermain sepanjang musim," kata Mancini seperti dilansir Football Italia.

Real Madrid dan Barcelona Jaim

Lesunya bursa transfer Januari juga terasa di La Liga, Spanyol. Real Madrid dan Barcelona benar-benar membuang kesempatan di bursa transfer musim dingin ini. Tak satupun pemain didatangkan dua klub elit Spanyol ini. Saling jaga image tampaknya menjadi alasan logis dua klub musuh bebuyutan ini untuk sama-sama melewatkan bursa transfer pemain.

Nama-nama yang sempat ramai dikabarkan akan dibuang oleh kedua klub akhirnya juga tak terbukti. Gelandang muda Thiago Alcantara tetap tak dilepas Barcelona meski diminati lusinan klub dan striker Gonzalo Higuain juga masih dipercaya oleh entrenador Jose Mourinho di Santiago Bernabeu.

Justru Sevilla yang menjadi klub paling eksis dalam bursa transfer kali ini. Guna mendatangkan penyerang Baba Diawara dari Maritimo, gelandang Javier Hervas dari Cordoba dan Jose Antonio Reyes dari Atletico Madrid, Sevilla mengucurkan dana sebesar 8 juta.

Selain Sevilla, klub Espanyol, Granada, Real Zaragoza dan Rayo Vallecano juga terbilang aktif meski mayoritas pemain-pemain didatangkan dengan status pinjaman bahkan gratis.

Thiago Motta Paling 'Mengejutkan'

Tiga kekuatan Serie A yakni Internazionale Milan, AC Milan dan Juventus juga ikut berbenah dalam bursa transfer musim dingin ini meski terbilang juga tak menghadirkan banyak kejutan.

AC Milan menjadi yang paling aktif dengan mendatangkan enam pemain anyar pada Januari ini meski mayoritas berstatus pinjaman. Sulley Muntari dipinjam dari Inter, Djamel Mesbah diboyong dari Lecce, Maxi Lopez dipinjam dari Catania, Lucas Roggia dipinjam dari Internacional, Philipp Prosenik didatangkan dari Chelsea, dan Alexander Merkel dipinjam dari Genoa.

Justru Genoa yang terbilang paling boros pada bursa transfer kali ini. Klub medioker Serie A ini mendatangkan penyerang Alberto Gilardino dari Fiorentina senilai 7,5 juta dan penyerang Ciro Immobile dari Juventus dengan nilai transfer 8 juta.

Sedangkan Inter Milan mendatangkan tiga amunisi anyar yakni Juan Jesus dari Internacional dengan nilai transfer 4 juta, Angelo Palombo dipinjam dari Sampdoria dan Fredy Guarin dipinjam dari FC Porto. Namun yang mengejutkan tentu keputusan Inter melepas Thiago Motta ke PSG dengan nilai transfer 10 juta. Padahal, Motta menjadi salah satu pilar kesuksesan Inter meraih treble pada 2010 lalu.

Namun keputusan Claudio Ranieri melepas Motta ini ternyata ditanggapi positif oleh Massimo Moratti. Presiden Inter Milan ini menganggap keputusan sang pelatih sebagai hal yang tepat dan layak diberi angka 10. "Kami harus menjual Thiago Motta karena itulah yang dia inginkan. Ini adalah operasi yang bagus bagi kami," kata Moratti.

Juventus juga sedikit melakukan tambal sulam. Simone Padoin didatangkan Si Nyonya Tua dari Atalanta dengna nilai transfer 5 juta. Sedangkan Martin Caceres kembali dipinjam dari Sevilla setelah sempat dipinjam saat masih berkostum Barcelona.

Napoli juga sempat membuat gebrakan dengan mendatangkan pemain 'kurang ternama' Eduardo Vargas dengan nilai transfer 13 juta dari Universidad de Chile. Ini menjadi nilai transfer tertinggi yang dilakukan klub Serie A pada periode musim dingin kali ini.

Moyes Sukses Ajak 2 Bek MU Merapat ke Sunderland

Jika berbicara keseluruhan transfer pemain di Eropa pada Januari ini, nama Balazs Dzsudzsak menjadi yang termahal. Dinamo Moscow mendatangkan pemain timnas Hungaria ini dari Anzhi Makhachkala senilai 15 juta.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali

Klopp menginginkan posisi itu untuk mengurangi beban kerjanya.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016