Ji Dong-won, Pembunuh Harapan ManCity

Ji Dong-won
Sumber :
  • Daily Portal

VIVAnews - Ji Dong-won menjadi penghancur harapan Manchester City menjauh dari Manchester United. Gol semata wayang di masa injury time dari striker Sunderland ini memaksa The Citizens menelan kekalahan kedua di pentas Premier League musim ini.

Nama Ji Dong-won memang belum setenar seniornya di timnas Korea Selatan Park Ji-sung. Namun Dong-won mampu membuktikan dirinya layak berada di klub Premier League layaknya Ji-sung yang kini membela Manchester United. Namanya kini tentu semakin dikenal setelah ia sukses menjadi mimpi buruk bagi ManCity.

Striker muda Korea Selatan ini memang baru menjalani musim pertamanya di pentas Premier League. Itupun dengan status hanya sebagai pemain pengganti dalam skuad besutan Martin O'Neill. Bahkan ia menjadi opsi terakhir dari sederet striker yang dimiliki Sunderland dari Nicklas Bendtner hingga Connor Wickham.

Meski gol Dong-won ke gawang The Citizens beberapa waktu lalu bukan menjadi gol perdananya, namun ini tetap terasa spesial. Sebab gol kedunya di pentas Premier League kali ini telah memberikan kemenangan bagi Sunderland.

Striker kelahiran 28 Mei 1991 ini mencetak gol perdananya di Premier League saat Sunderland ditekuk Chelsea 2-1 pada 10 September 2011 lalu. Uniknya, gol ke gawang Chelsea ini juga dicetak di masa-masa kritis akhir pertandingan.

Ji Dong-wan memulai karir sepakbolanya di akademi belia Gwangyang Jecheol High School pada 2007. Di tahun yang sama, ia ditarik Reading ke Inggris namun tak pernah dimainkan dan dikembalikan ke Gwangyang pada 2008.

Striker dengan tinggi 187 cm ini akhirnya dibeli klub Liga Korea atau K-League, Chunnam Dragons pada 2010 dimana ia mencetak 13 gol dari 29 pertandingan di musim pertamanya. Ia juga tercatat sebagai top skor di ajang Korean FA Cup di tahun yang sama.

Dan sepak terjang Dong-win di Piala Asia 2011 dengan torehan empat gol dan dua assists mampu mengundang minat manajer Sunderland saat itu, Steve Bruce. Tanpa pikir panjang Bruce langsung memboyongnya ke Stadium of Light hanya dengan nilai transfer tak kurang dari dua juta pounds.

Ia menjalani debut bersama Sunderland pada laga persahabatan melawan Arminia Bielefeld. Sedangkan laga perdana Ji Dong-won di pentas Premier League terjadi pada Agustus tahun lalu saat melawan Liverpool, saat itu menggantikan Asamoah Gyan.

Ji Dong-won kini juga menjadi pilihan utama di timnas senior Korea Selatan. Bersama Taeguk Warriors, pemilik nomor punggung 17 ini telah mencetak delapan gol dari 15 pertandingan.

Jayabaya Ramal Soal Sosok Pemimpin Bangsa yang Bijaksana, Begini Katanya
Sunderland Vs Manc City

Lawan City, Sunderland Ingin Ulangi Kesuksesan Musim Lalu

"Tentu saja saya tidak bisa melupakannya."

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2012