Pilihan RD Setelah Mundur dari Timnas

Rahmad Darmawan
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Rahmad Darmawan sejak Selasa, 13 Desember 2011 secara resmi mengundurkan diri sebagai Pelatih Tim Nasional Indonesia U-23. Salah satu alasan pengunduran diri yang ditulis RD adalah kegagalannya membawa Timnas U-23 meraih medali emas SEA Games XXVI.

Mantan pelatih Persija Jakarta dan Persipura Jayapura itu mengaku kecewa dengan hasil yang didapatnya Garuda Muda dalam SEA Games dan merasa tidak pantas untuk tetap menjadi pelatih Timnas.  Rumor pun berkembang terkait masa depan RD usai melatih skuad Garuda Muda. Salah satunya rumor jika dirinya ditawari oleh salah satu klub elit Indonesian Super League (ISL), Pelita Jaya.

Pelatih yang akrab disapa RD ini tidak memungkiri jika dirinya telah dipinang oleh sejumlah klub kompetisi lokal.  "Memang sudah ada 3 klub yang menawari saya untuk melatih. Salah satunya, Pelita Jaya. Dua klub lainnya tidak bisa saya sebut karena tidak etis, karena sudah punya pelatih," ujar Rahmad Darmawan kala berkunjung ke kantor VIVAnews, Rabu, 14 Desember 2011.

Meski demikian, RD mengaku masih mempertimbangkan tawaran tersebut. Pasalnya, mantan pelatih Persija tersebut masih ingin melanjutkan sekolah kepelatihan untuk meraih sertifikat A Pro. Sertifikat tersebut sebagai syarat untuk menduduki jabatan direktur teknik di sebuah tim. 

"Saya belum memutuskan. Masih ragu apakah lanjut melatih atau sekolah lagi. Karena saya juga ingin melanjutkan kursus kepelatihan A Pro," ujarnya.

"Tapi dengan mundurnya saya (latih Timnas) mungkin bisa menjadi halangan (mengambil kursus kepelatihan APro). Karena akses kan dari PSSI. Lagi pula umur saya telah melewati umur maksimal (45 tahun) yang telah ditetapkan untuk mengambil sertifikat tersebut. Kalau ada rekomendasi dari PSSI mungkin bisa," ujarnya.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral
Viral Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

Ditengah berjalannya pawai Timnas Indonesia itu terjadi hal yang menegangkan, yaitu momen ketika mobil trans Jakarta yang menjadi kendaraan imnas memasuki terowongan

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2023