AFC Futsal Championship 2012

Indonesia: Thailand Lawan Berat

Timnas Futsal Indonesia usai taklukkan Malaysia
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Indonesia dipastikan akan bertemu Thailand di Kualifikasi AFC Futsal Championship 2012 zona ASEAN. Tim Merah Putih tergabung dengan Tim Gajah Perang (julukan Thailand) di Grup A bersama Filipina dan Myanmar.

Mereka akan bertanding memperebutkan tiga jatah tim terbaik dari masing-masing zona. Pertandingan babak Kualifikasi Zona ASEAN akan digelar di Thailand pada 26 November-1 Desember 2011.

Dari ketiga lawan Indonesia, pelatih Robby Hartono, menilai bahwa Thailand sebagai lawan terberat. "Selama ini kami susah mengalahkan mereka. Peringkat mereka di Asia juga cukup bagus meski sempat menurun. Apalagi mereka tuan rumah, publik mereka pasti lebih serem untuk mendukung timnya," ujar Robby pada VIVAnews.com, Rabu, 17 Agustus 2011.

Namun, Robby juga enggan meremehkan Filipina dan Myanmar. Meski di beberapa pertemuan anak asuh Robby bisa menang, perkembangan Filipina dan Myanmar tidak bisa diprediksi. "Filipina dan Myanmar beberapa kali bisa kami lewati, tapi kalau soal Filipina saya kurang tahu lagi karena mereka sudah banyak pakai pemain naturalisasi dari Iran," ujar Robby.

Dengan calon lawan seperti ini, Robby menyiapkan 17 pemain yang nantinya diciutkan menjadi 14 pemain. Skuadnya pun 90 persen masih didominasi pemain di Piala AFF 2010 ketika Indonesia merebut juara pertama. Persiapan sudah dilakukan dari sekarang meski terbentur bulan Ramadhan.

"Tiap hari kami latihan dua jam sebelum buka puasa. Setiap hari Rabu dan Sabtu pun kami sering ada ujicoba. Cuma saja karena Rabu ini  libur, maka jadwalnya kami geser ke hari Kamis," tambah Robby lagi.

Seperti dilansir dari situs resmi AFC, babak Kualifikasi Futsal Championship 2012 terbagi dalam empat zona. Selain Zona ASEAN, dibagi juga Zona Timur, Barat, serta Selatan dan Tengah.

Tiga tim terbaik dari empat zona tersebut akan lolos ke putaran final yang nantinya akan diikuti 16 tim. Mereka nantinya akan bergabung dengan empat negara lain yang lolos secara otomatis. Yakni juara bertahan di tahun 2010, Iran, runner up Uzbekistan, peringkat tiga Jepang, dan tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA).

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 
Belimbing Wuluh atau belimbing sayur

Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya mengenai deretan manfaat belimbing wuluh.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024