Casillas: Spanyol Tak Jiplak Gaya Barcelona

Iker Casillas (kiri) dan Xavi
Sumber :
  • footballyear/yimg

VIVAnews - Kiper Real Madrid, Iker Casillas tampaknya dibuat tak nyaman dengan atribut yang menghubungkan gaya bermain timnas Spanyol yang menjiplak gaya bermain Barcelona.

Banyak kalangan yang  menilai timnas Spanyol memang identik dengan Barcelona. Hal itu sebenarnya lumrah mengingat skuad Spanyol dihuni mayoritas pemain Blaugrana. Tujuh pemain Barca saat ini menghuni tim inti La Furia Roja.

Teori itu juga didukung dengan sinergisnya prestasi yang diraih timnas Spanyol di Euro 2008 dan Piala Dunia 2010 dengan hegemoni Blaugrana dalam beberapa tahun terakhir. Namun Casillas punya teori lain yang mendukung sanggahannya.

"Siapapun yang mengikuti timnas akan mengingat di mana asal gaya bermain kami (timnas Spanyol)," ujar Casillas dilansir El Mercurio, Senin 20 Juni 2011.

"Gaya itu tidak datang dari tahun 2010 atau 2009, tapi sejak 2007 dan 2008 dan saat itu Barcelona tidak menjadi klub yang mendominasi atau menciptakan hegemoni di sepakbola Spanyol. Saat itu yang mendominasi Real Madrid," tegas Casillas.

Casillas juga punya bukti untuk mendukung argumennya itu. Ia menegaskan  pada laga final Euro 2008 lalu, hanya ada tiga pemain Barcelona yang tampil di final saat Spanyol menekuk timnas Jerman.

"Jika kita mengingat ke belakang, hanya (Andres) Iniesta, Xavi dan (Carles) Puyol yang berstatus pemain Barcelona di final kejuaraan Eropa melawan Jerman," lanjut kapten timnas Spanyol itu.

"Bahwa Spanyol dihubungkan dengan cara bermain Barcelona adalah sebuah hal bagus karena tim itu telah meraih kesuksesan. Tapi timnas bukan hanya mengenai kesuksesan Barcelona, ini kesuksesan semua semuanya," tegas Casillas. (umi)

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya
Pakar Hukum Internasional, Hikmahanto Juwana

Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

Guru Besar Hukum Internasional (UI) Hikmahanto Juwana menyarankan agar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi segera menghubungi Menlu Iran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024