VIVABOLA

Indonesia Pionir Akademi Liverpool di Asia

Peresmian kerjasama ini ditandai dengan kedatangan salah satu mantan pemain Liverpool.
Sabtu, 14 Mei 2011
Oleh : Edwan Ruriansyah, Toto Pribadi
Para pemain Liverpool

VIVAnews - Indonesia menjadi negara perintis di Asia yang memiliki akademi sepakbola klub Liga Inggris, Liverpool. Kepastian kerjasama ini telah diumumkan lewat LFCTV.

Keberadaan LFC International Academy & Soccer Schools ini akan menjadi wadah bagi talenta-talenta muda sepakbola Tanah Air. Ini juga menjadi kesempatan besar bagi para pemain muda berbakat untuk tampil di Liverpool. Kerjasama ini difasilitasi BritCham Indonesia dengan menggandeng Big Reds, fans Liverpool Indonesia.

"Rencana dan mandat untuk kerjasama dengan Indonesia sangat jelas. Semuanya akan dilakukan dengan 'cara Liverpool'. Dua lulusan akademi Liverpool di Inggris yang ikut mempersembahkan FA Youth Trophy akan berada di Indonesia, pertengahan bulan depan," ujar Direktur Eksekutif British Chamber of Commerce di Indonesia, Chris Wren dalam jumpa pers di Jakarta, kemarin.

Saat disinggung mengenai proses penjaringan talenta-talenta belia Tanah Air yang akan masuk akademi, Presiden Big Reds, Andhika Suksmana mengaku masih dalam tahap penyempurnaan.

"Yang jelas kami akan melakukan roadshow di beberapa kota, minimal 5 kota besar mulai pertengahan Juni nanti. Dari situ kami akan menjaring talenta-talenta yang berkompetisi di turnamen lokal. Saat ini, kami juga tengah menyempurnakan sistem akademi seperti home base," kata Andhika.

Menariknya, peresmian kerjasama ini juga ditandai dengan kedatangan salah satu mantan pemain Liverpool, Phil Neal. Mantan pemain Liverpool yang juga pernah menjadi punggawa timnas Inggris ini akan ikut memimpin coaching clinic, hari ini, Sabtu 14 Mei 2011.

"Di Liverpool, kami selalu berpikir fans sebagai keluarga. Dan kerjasama akademi ini menunjukkan kepada fans seberapa besar apresiasi kami kepada mereka," ujar Phil Neal.

Rencananya, Coaching Clinic akan digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan dan akan diikuti 3.000 anak.

TERKAIT
TERPOPULER