Kalahkan Persiba, Persipura Kokoh di Puncak

Pemain Persipura, Titus John Londow Bonai (Tibo)
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Persipura Jayapura memaksimalkan keuntungan sebagai tuan rumah saat menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Mandala, Jayapura, Senin 18 April 2011. Kemenangan semakin memperkokoh Boaz Solossa cs di puncak klasemen Liga Super Indonesia (ISL) 2010/2011.

Persipura menumbangkan Persiba 3-1. Bermain di hadapan ribuan publik Jayapura, permainan Mutiara Hitam kurang berkembang di babak pertama akibat kondisi lapangan basah karena guyuran hujan sebelum laga. Koordinasi antarlini tim besutan Jacksen Ferreira Tiago ini kurang berjalan baik. Mereka malah mengikuti irama permainan Persiba yang lamban.

Meski bermain dalam tempo lamban, beberapa kali Persipura berhasil mengancam gawang Persiba melalui Boaz, Titus Bonay dan Ian Kabes. Namun, belum satu pun peluang itu menjadi gol.

Baru pada menit akhir babak pertama, tepatnya di menit 45, melalui sebuah serangan yang dibangun di sayap kiri oleh Boaz, Mutiara Hitam berhasil membobol gawang Persiba melalui kaki Gerald Pangkali. Gol Gerald hasil umpan Zah Rahan.

Gol ini sempat diprotes para pemain Persiba karena menilai waktu babak pertama sudah usai dan terjadinya gol pada menit 47. Tapi, protes itu tidak digubris wasit Junaedi.

Memasuki babak kedua, Persipura coba menaikkan tempo permainan. Sayangnya, kondisi rumput lapangan yang masih basah membuat usaha itu kurang maksimal.

Persiba justru berhasil membobol gawang Persipura pada menit 52. Lewat serangan balik, tim Beruang Madu menuntaskannya lewat kaki Aldo Barreto.

Kedudukan imbang membuat Jacksen melakukan pergantian pemain. Ia menarik bek kiri Yohanes Tjoe dan memasukkan Lukas Mandowen untuk mempertajam lini depan.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan Persipura, tapi belum mengubah skor. Baru pada menit 88, Titus Bonay berhasil mengubah kedudukan. Dua menit kemudian, atau pada menit 90, Lukas Mandowen menutup kemenangan Persipura menjadi 3-1.

Dengan hasil ini, Persipura makin kokoh di puncak klasemen. Mutiara Hitam mengumpulkan 47 poin dari 21 laga. Persipura unggul 9 poin atas runner up Semen Padang dengan jumlah laga yang sama. (eh)

Laporan: Banjir Ambarita/Papua

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024