Piala AFF 2010

"Wajar Bepe di Bangku Cadangan"

Bambang Pamungkas
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Striker tim nasional Indonesia Bambang Pamungkas hanya sejenak merasakan kemenangan 5-1 bersama rekan-rekannya saat melumat Malaysia di babak penyisihan Grup A Piala AFF, Rabu malam, 1 Desember 2010. Bepe--nama sapaannya--sengaja dibangkucadangankan dan cuma bermain selama delapan menit di penghujung babak kedua.

Ketimbang menjadikan Bepe sebagai starter, pelatih Alfred Riedl lebih mempercayai duet Cristian 'El Loco' Gonzales dan Irfan Bachdim. Beberapa waktu lalu Riedl beralasan kalau Bepe sudah berpengalaman dengan timnas, sehingga ia memberi kesempatan pada Gonzales-Bachdim untuk dijadikan pilihan utama.

"Bambang memang cuma bermain selama delapan menit, tapi kalau soal dia dibangkucadangankan itu wajar karena setiap pelatih punya pertimbangan dan sudut pandang sendiri soal pemain," kata pelatih Persija--klub yang kini dibela Bepe--Rahmad Darmawan, kepada VIVAnews, Kamis, 2 Desember 2010.

"Kita harus menghargai apa keputusan pelatih karena mereka yang setiap hari tahu perkembangan pemainnya," tambahnya.

Selain Bepe, ada dua pemain Persija yang juga dimainkan dalam laga itu, yakni Mohammad Nasuha dan Tony Sucipto yang menggantikan Ahmad Bustomi di menit 74. Rahmad bangga melihat penampilan dua anak asuhnya itu. Apalagi Nasuha berperan besar dalam gol pertama Indonesia.

Nasuha berhasil mengecoh pemain Malaysia Mohd Asraruddin Putra Bin Omar yang akhirnya malah menceploskan gol ke jalanya sendiri. Itu membuat kedudukan jadi imbang 1-1 sekaligus melecut semangat El Loco dan kawan-kawan.

"Sejauh ini kontribusi Nasuha cukup signifikan, dia juga menciptakan satu assist yang menghasilkan gol ketiga," puji Rahmad. "Peran Tony yang menggantikan Ahmad Bustomi juga cukup baik karena bisa menjaga keseimbangan lini tengah. Di saat beberapa pemain terlihat lelah, Tony bisa jadi solusi yang baik." (kd)

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor
Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024