Timnas Indonesia Lebih Sukses dari Malaysia

Latihan Timnas Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Tim nasional Indonesia secara prestasi lebih sukses dari Malaysia di ajang Piala AFF. Namun, belakangan Malaysia bisa lebih tersenyum daripada Indonesia dalam urusan prestasi.

Dibanding Malaysia, timnas Indonesia punya prestasi yang lebih bagus daripada tim asal Negeri Jiran tersebut di ajang Piala AFF. Sejak dimainkan untuk kali pertama pada 1996, Indonesia sukses tiga kali melangkah ke babak final.

Malaysia hanya mampu mencapai babak final pada 1996 di mana Piala AFF untuk kali pertama digelar di Singapura. Malaysia kalah 1-0 di babak final dari Thailand.

Indonesia untuk kali pertama merasakan babak final turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara ini pada 2000. Saat itu tim Merah Putih dikalahkan Thailand 4-1 di babak final.

Dua tahun kemudian Indonesia kembali dikalahkan Thailand di final lewat adu penalti (4-2) setelah di pertandingan normal bermain imbang 2-2.

Pada final Piala AFF 2004 di mana sistem kandang-tandang final diterapkan untuk kali pertama, giliran Singapura yang membuat Indonesia gigit jari. Saat itu Indonesia kalah agregat 5-2 (3-1 dan 2-1).

Bahlil Yakin Jokowi Mau Bertemu dengan Megawati: Tidak Perlu Grasah Grusuh

Secara rangking FIFA, Indonesia juga lebih unggul dari Malaysia. Saat ini Indonesia menduduki rangking 135 FIFA, sedangkan Malaysia masih berada di rangking 150.

Indonesia memang lebih sukses dibanding Malaysia dalam urusan Piala AFF, namun Malaysia lebih berprestasi daripada Bambang Pamungkas dan kawan-kawan. Terakhir Malaysia sukses meraih medali emas Sea Games 2009 di Laos.

Thailand dan Singapura menjadi tim tersukses di Piala AFF dengan mengoleksi masing-masing tiga gelar. Sedangkan Vietnam menjadi juara bertahan setelah pada babak final 2008 mengalahkan Thailand dengan agregat 3-2.

Potret Putri Isnari yang Geger Dilamar Anak Pengusaha Batu Bara
Putri Isnari atau Putri DA

Putri Isnari DA 4 Lamaran, Gepokan Uang Panai Rp2 Miliar Jadi Sorotan

Untuk membuka rangkaian tradisi jelang pernikahan, Putri Isnari dan keluarga telah menggelar acara pengajian.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024