Soal Wasit Mesir, PSSI Klaim Dibela FIFA

Kantor PSSI
Sumber :
  • Marco Tampubolon

VIVAnews - Keluhan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) soal empat orang perangkat pertandingan asal Mesir mulai ditindaklanjuti. Melalui Deputy Sekjen PSSI Bidang Hubungan Luar Negeri PSSI Suryadharma 'Dali' Tahir, wadah olahraga sepakbola Tanah Air ini mengklaim 'dibela' oleh Federasi Sepakbola Dunia(FIFA).

Menurut Dali Tahir, FIFA sangat menyesalkan pelanggaran tersebut dan telah melakukan komunikasi dengan Federasi Sepakbola Mesir (EFA). Hal ini disampaikannya pasca melakukan pertemuan di sela-sela sidang Panel Komite Etik FIFA awal pekan ini di Zurich.

"Direktur Legal FIFA menegaskan bahwa kasus pelanggaran empat wasit asal Mesir tersebut cukup memalukan. Dia menyatakan, kasus seperti itu tak boleh terulang lagi," ujar Dali Tahir seperti dilansir situs resmi PSSI, Sabtu 20 November kemarin.

Empat perangkat pertandingan yang dipersoalkan, yakni Yasser Abdul Raur Abdul Aziz Younnis, Muhamad Farouk Muhamad Musa, Degaish Ayman dan El-Gabhi Ahmed, bertugas menjadi wasit dan asisten wasit pada laga amal yang dilangsungkan di Surabaya. Saat itu Surabaya FC berhadapan tim Indoholland pada 10 November lalu di Stadion Gelora 10 November.

Dua hari kemudian, mereka kembali menjadi perangkat pertandingan di pertandingan antara Persema Malang dengan tim Indoholland di Stadion Gajayana, Malang.

Dua pertandingan amal ini berada di luar tanggung-jawab PSSI sebagai otoritas sepakbola nasional yang sah. Karenanya, keberadaan empat wasit Mesir tersebut di Surabaya dan Malang sangat disesalkan oleh PSSI, yang secara resmi sudah mengirim surat ke EFA, CAF, dan FIFA.

Mesir juga sudah menjawab surat PSSI dengan menegaskan bahwa keberadaan empat wasitnya di Indonesia adalah di luar pengetahuan mereka. Menurut Ketua EFA Samir Zaher dengan sekjen Salah Hosny, menegaskan bahwa mereka akan mengambil tindakan internal terhadap empat perangkat pertandingannya tersebut.

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok
CIti.

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Occam menawarkan kemampuan dan fleksibilitas yang diperlukan untuk memastikan eksekusi program CIti yang efektif dan efisien.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024