Naturalisasi Pemain Mengerucut Pada 5 Nama

Persib Bermain Imbang Lawan Persija : Christian Gonzales
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Niat PSSI untuk menaturaliasi sederet pemain asing berjalan di jalur yang benar. Pemain-pemain tersebut kemungkinan besar sudah mengantongi paspor Indonesia sebelum 1 November 2010.

Menurut Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Iman Arif, berkas 4 calon pemain naturalisasi sudah masuk ke Kantor Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Sedangkan satu berkas lainnya akan segera menyusul.

"Kalau berjalan lancar, pemain-pemain itu sudah akan mengantongi paspor Indonesia sebelum pendaftaran Piala AFF 2010 ditutup pada 1 November 2010," kata Iman saat dihubungi VIVAnews, Rabu, 13 Oktober 2010.

Empat pemain yang berkasnya sudah masuk ke Kemenpora adalah Jhonny Rudolf Van Beukering (Belanda), Raphael Guilermo Eduardo (Belanda), Christian Gonzales (Uruguay), dan Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman).

"Sedangkan berkas satu pemain lainnya, yakni David Ririhena akan kami masukkan besok (Kamis, 14 Oktober 2010)," ujar Iman.

Selain lima pemain tersebut, beberapa nama lainnya juga sempat masuk nominasi kandidat pemain naturalisasi. Mereka adalah dua pemain asal Belanda, Serginho Van Dijk dan Tobias Jesajas Waisapij.

"Sampai saat ini keduanya masih mikir-mikir dulu, jadi berkasnya belum kami proses seperti yang lainnya," beber Iman.

Pada kesempatan yang sama, Iman juga mengatakan kalau pihaknya berniat memajukan jadwal pemusatan latihan tahap terakhir. TC Ini sejatinya akan dimulai 8 November 2010 mendatang.

Bila rencana ini bisa terwujud, Iman juga berniat menambah laga uji coba Markus Horison cs menjadi 4 kali. "Namun ini masih wacana. Kami harus bicara dengan PT Liga Indonesia terkait wacana ini," tandasnya.

Indonesia saat ini sedang mempersiapkan diri menghadapi Piala AFF 2010 yang akan digelar di Vietnam dan Indonesia, Desember mendatang. Hingga saat ini pasukan Alfred Riedl telah melakoni dua uji coba resmi.

Pada uji coba pertama, Jumat, 8 Oktober 2010, timnas kalah 1-7 dari semifinalis Piala Dunia 2010, Uruguay. Sedangkan pada uji coba kedua, Tim Merah Putih berhasil menang 3-0 lawan Maladewa.

Di Piala AFF 2010, Indonesia bergabung di Grup A bersama Thailand, Malaysia, dan satu wakil dari babak kualifikasi. Pada pertandingan pertama, 1 Desember 2010, Indonesia akan bertemu Malaysia.

Sah! Putri Isnari Resmi Menikah dengan Abdul Azis
Presiden Direktur P&G Indonesia Saranathan Ramaswamy

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos

Presiden Direktur Procter & Gamble (P&G) Indonesia, Saranathan Ramaswamy menyebut bahwa konsumen adalah bos.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024