VIVABOLA

Pemain Belanda Ingin Bela Timnas Indonesia

FIFA membenarkan naturalisasi pemain sejauh memenuhi tiga syarat.
Selasa, 20 Juli 2010
Oleh : Irvan Beka, Marco Tampubolon
sergio van dijk

VIVAnews -  Pemain Belanda Serginho Van Dijk bersedia memperkuat tim nasional Merah Putih. Namun PSSI harus bekerja keras untuk menaturalisasi pemain keturunan Indonesia tersebut yang bermain di Liga Australia itu.

"Saya memiliki kedekatan dengan Indonesia dan saya ingin bermain untuk timnas Indonesia," kata Sergio saat jumpa pers di Ruang Asean V, Hotel Sultan, Jakarta, Selasa, 20 Juli 2010.

Serginho yang punya panggilan Sergio mengatakan darah Indonesia yang mengalir pada dirinya berasal dari ibunya. "Ibu saya orang Indonesia namun sudah lahir di Belanda. Ayah saya asli Belanda," kata Serginho menjelaskan garis keturunannya.

"Saya juga masih punya banyak keluarga di Indonesia. Di Jakarta ada yang tinggal di Cawang (Jaktim)," lanjut pemain yang akrab disapa Sergio itu.

"Saya juga masih mengerti bila orang-orang berbahasa Indonesia, hanya saya tidak bisa menanggapinya dengan bahasa Indonesia."

Sergio yang ditemani pamannya, Frans Polnata mengaku telah beberapa kali melihat penampilan timnas. Salah satunya adalah saat Indonesia bertemu Australia di pra Piala Asia 2011, lalu.

"Selain itu, saya juga mengikuti permainan timnas Indonesia lewat televisi. Saya benar-benar ingin membantu tim Indonesia," tandasnya.

Meski demikian, Sergio masih keberatan menjadi warga negara Indonesia secara permanen. Pemain berusia 27 tahun itu ingin setelah tidak dipakai timnas lagi, dirinya bisa kembali menjadi warga negara Belanda.

"Ini yang menjadi masalah bagi kita. Selama ini tidak ada aturan yang membolehkan status kewarganegaraan termporari seperti itu," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen), Nugraha Besoes.

Menurut Nugraha, FIFA sebenarnya membenarkan naturalisasi pemain sejauh memenuhi tiga syarat. Antara lain : pemain punya garis keturunan dari kakek maupun nenek, garis keturunan dari bapak dan ibunya, dan sudah bermain setidaknya 5 tahun di sebuah negara yang akan dibela.

"Syarat ini sudah dipenuhi Sergio. Yang masalah adalah, dia tidak mau jadi warga negara Indonesia permanen," kata Nugraha.

"Namun kami akan mengupayakan status khusus bagi pemain-pemain seperti Van Dijk yang memungkinkan dia bisa kembali mendapat status kewarganegaraan Belanda setelah tidak dipakai di timnas lagi," bebernya.

"Peluangnya untuk kembali diterima menjadi warga negara Belanda juga cukup besar karena istrinya adalah warga negara Belanda," tandas Nugraha.

TERKAIT
TERPOPULER