2 Tim Jatim Degradasi, 2 Promosi ke ISL

Persibo Bojonegoro
Sumber :
  • Ongisnade.net

VIVAnews - Persebaya Surabaya dan Persik Kediri terancam degradasi dari pentas Liga Super Indonesia (ISL). Tapi, dua tim Jawa Timur lainnya siap menggantikan posisi mereka.

Tak lain karena sukses Persibo Bojonegoro dan Deltras Sidoarjo melangkah ke final kompetisi Divisi Utama. Tampil di final berarti tiket promosi otomatis ke ISL musim depan.

Persibo menaklukkan Persiram Raja Ampat 1-0 di semifinal yang dipentaskan di Stadion Manahan, Solo, Kamis 27 Mei 2010. Sedangkan Deltras unggul atas Semen Padang 4-2 lewat adu penalti.

Dua wakil Jatim ini akan berebut gelar juara di Manahan, Sabtu 29 Mei 2010. Sedangkan Persiram dan Semen Padang berebut posisi 3 atau satu lagi tiket otomatis. Yang kalah dari laga ini akan berlaga di playoff dengan peringkat 15 ISL 2009/2010.

Deltras dari sisi Stadion Gelora Delta dan fasilitas lainnya tampaknya akan lolos verifikasi PT Liga Indonesia. Apalagi, mereka pernah tampil di ISL musim lalu. Sedangkan Persibo harus segera merenovasi Stadion Letjen H Soedirman agar memenuhi standar ISL.

Keputusan Komding

Jatim memang terancam kehilangan dua tim di ISL musim depan. Pasalnya, Persebaya dan Persik masih berkutat di zona degradasi. Satu tim yang sudah dipastikan degradasi yakni Persitara Jakarta Utara yang berada di posisi buncit.

Persebaya sebenarnya sempat nyaris berada di zona aman setelah diputus Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menang WO (3-0) atas Persik yang gagal menggelar laga. Tapi, banding Persik diluluskan oleh Komisi Banding (Komding), sehingga tiga poin yang telah diraih Persebaya juga dibatalkan.

Keputusan Komding memberi kesempatan Pelita Jaya meski hanya lewat jalur playoff. Pelita akan masuk jalur playoff jika mengatasi tamunya Persela Lamongan di laga terakhir, Minggu 30 Mei 2010. Pelita finis dengan poin 39.

Sedangkan Persebaya (kini 36 poin) dan Persik (35 poin) memang masih menyisakan dua laga. Satu laga, Persik menjamu Persebaya yang belum jelas kapan akan digelar. Dan satu lagi di kandang lawan: Bontang FC vs Persebaya dan Persisam vs Persik pada Minggu 30 Mei 2010, di atas kertas sangat sulit mendapatkan tambahan poin kecuali jika bermain mata.

Secara matematis jika mengalahkan Persebaya, poin Persik hanya 38. Itu tak cukup untuk menyelamatkan diri dari degradasi. Apalagi, Persebaya dengan 36 poin.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Persebaya hanya akan selamat jika 'benar-benar' mengalahkan Persik di lapangan. Jika seri pun kedua tim hanya meraih 36 poin (Persik) dan 37 (Persebaya).

Ternyata bukan hanya penentuan juara ISL musim ini yang sengit. Tim-tim yang terdegradasi juga harus melalui jalan berliku.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir
Ilustrasi Kelebihan dari Investasi Properti.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Membeli properti, baik rumah atau pun tanah merupakan salah satu keputusan finansial terbesar dalam hidup seseorang dan memiliki potensi sebagai investasi jangka panjang

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024