Pilih Tim Anda
Daftar

2 Tim Jatim Degradasi, 2 Promosi ke ISL

Persebaya hanya akan selamat jika 'benar-benar' mengalahkan Persik.
Jum'at, 28 Mei 2010, 07:13 WIB
Edwan Ruriansyah
Persibo Bojonegoro (Ongisnade.net)

VIVAnews - Persebaya Surabaya dan Persik Kediri terancam degradasi dari pentas Liga Super Indonesia (ISL). Tapi, dua tim Jawa Timur lainnya siap menggantikan posisi mereka.

Tak lain karena sukses Persibo Bojonegoro dan Deltras Sidoarjo melangkah ke final kompetisi Divisi Utama. Tampil di final berarti tiket promosi otomatis ke ISL musim depan.

Persibo menaklukkan Persiram Raja Ampat 1-0 di semifinal yang dipentaskan di Stadion Manahan, Solo, Kamis 27 Mei 2010. Sedangkan Deltras unggul atas Semen Padang 4-2 lewat adu penalti.

Dua wakil Jatim ini akan berebut gelar juara di Manahan, Sabtu 29 Mei 2010. Sedangkan Persiram dan Semen Padang berebut posisi 3 atau satu lagi tiket otomatis. Yang kalah dari laga ini akan berlaga di playoff dengan peringkat 15 ISL 2009/2010.

Deltras dari sisi Stadion Gelora Delta dan fasilitas lainnya tampaknya akan lolos verifikasi PT Liga Indonesia. Apalagi, mereka pernah tampil di ISL musim lalu. Sedangkan Persibo harus segera merenovasi Stadion Letjen H Soedirman agar memenuhi standar ISL.

Keputusan Komding

Jatim memang terancam kehilangan dua tim di ISL musim depan. Pasalnya, Persebaya dan Persik masih berkutat di zona degradasi. Satu tim yang sudah dipastikan degradasi yakni Persitara Jakarta Utara yang berada di posisi buncit.

Persebaya sebenarnya sempat nyaris berada di zona aman setelah diputus Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menang WO (3-0) atas Persik yang gagal menggelar laga. Tapi, banding Persik diluluskan oleh Komisi Banding (Komding), sehingga tiga poin yang telah diraih Persebaya juga dibatalkan.

Keputusan Komding memberi kesempatan Pelita Jaya meski hanya lewat jalur playoff. Pelita akan masuk jalur playoff jika mengatasi tamunya Persela Lamongan di laga terakhir, Minggu 30 Mei 2010. Pelita finis dengan poin 39.

Sedangkan Persebaya (kini 36 poin) dan Persik (35 poin) memang masih menyisakan dua laga. Satu laga, Persik menjamu Persebaya yang belum jelas kapan akan digelar. Dan satu lagi di kandang lawan: Bontang FC vs Persebaya dan Persisam vs Persik pada Minggu 30 Mei 2010, di atas kertas sangat sulit mendapatkan tambahan poin kecuali jika bermain mata.

Secara matematis jika mengalahkan Persebaya, poin Persik hanya 38. Itu tak cukup untuk menyelamatkan diri dari degradasi. Apalagi, Persebaya dengan 36 poin.

Persebaya hanya akan selamat jika 'benar-benar' mengalahkan Persik di lapangan. Jika seri pun kedua tim hanya meraih 36 poin (Persik) dan 37 (Persebaya).

Ternyata bukan hanya penentuan juara ISL musim ini yang sengit. Tim-tim yang terdegradasi juga harus melalui jalan berliku.



© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
  • @yo3so3f

    29 Mei 2010
    [...di atas kertas sangat sulit mendapatkan tambahan poin kecuali jika bermain mata...] rasanya justru penulis berita ini perlu memahami arti kata "fairplay" dan "kode etik jurnalistik"... | via VIVAnews
  • @helpme

    28 Mei 2010
    Persebaya butuh org seperti aji santoso...... | via VIVAnews
  • walaaah....gimana nich persebaya.....datangkan Mourinho saja deh.... | via VIVAnews
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com