Kualifikasi Piala Asia U-19

Masih Minim Perhatian Masyarakat

VIVAnews - Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia U-19, 7-17 November 2009. Namun even ini tidak akan mendatangkan keuntungan karena minimnya perhatian dari masyarakat.

Mulai pekan depan, Stadion Jalak Harupat, soreang, kabupaten Bandung menjadi saksi bagi kualifikasi grup F Piala Asia U-19. Pengurus Daerah (Pengda) PSSI Jawa Barat ditunjuk sebagai panitia lokal even akbar ini.

Persiapan pun terus dilakukan. Mulai dari perbaikan stadion hingga infrastruktur lainnya.

"Koordinasi pekerjaan sudah berjalan. Segala pekerjaan panitia penyelenggara seperti penyediaan transportasi dan akomodasi sudah mulai kami kerjakan," kata panitia lokal, Sukowiyono.

Kualifikasi Piala Asia Gru F ini merupakan even internasional pertama yang digelar di Indonesia, pasca gagalnya klub Inggris, Manchester United (MU) tampil di Jakarta beberapa waktu lalu. Meski demikian, even yang akan berlangsung selama 11 hari ini diprediksi masih sulit untuk mendatangkan keuntungan.

“Jujur saja, kejuaraan youth tournament seperti ini, agak sedikit mendapat perhatian masyarakat. Memang gaungnya tidak sebesar kejuaraan yang melibatkan timnas senior," kata Ketua Panitia Iwan Budianto kepada GOSport, Jumat, 30 Oktober 2009.

"Tapi, ini kan bakal dilakukan oleh timnas yunior Indonesia, calon pengganti timnas senior kelak,” tambahnya.

Iwan mengaku mendapat subsidi dari FIFA sebesar 5000 dolar (25 juta rupiah). Namun jumlah ini belum cukup untuk membiayai total pengeluaran panitia yang nyaris dua kali lebih besar, yakni sebesar  Rp 3 miliar.

"Kami tidak mencetak tiket melainkan hanya tanda masuk saja. Karena, tiket itu sesuai aturan FIFA dan AFC, harus di jual, apalagi ini international matches.

"Kami menghitung pendapatan dari tiket sebesar nol rupiah. Yang penting ada besaran nilainya, walau cuma nol rupiah saja,” tambah mantan manajer Persik Kediri itu.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Disiarkan Langsung TVone

Kualifikasi Grup F Piala Asia U-19 akan diikuti oleh enam negara yang dibagi dalam . Masing-masing adalah, Australia, Singapura, Cina Taipei, Jepang, Hong Kong, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Even ini menggunakan sistem setengah kompetisi.Untuk merebut tiket putaran final, Indonesia harus mampu minimal finish di posisi runner up.  Rekor penampilan bagus pada putaran kedua Quinta Division di Uruguay akan menjadi modal timnas untuk tampil di even ini.

Pertandingan ini juga akan disiarkan langsung oleh TVone.
“Broadcast right (pemegang hak siar) turnamen ini dipegang penuh oleh stasiun televise TVOne. Dan setiap timnas bertanding, TVOne akan melakukan partai langsung (live)," pungkas Iwan.


Jadwal lengkap kualifikasi Piala Asia U-19 Grup F:
Sabtu, 7 November
15:00 Australia vs Hong Kong
18:00 Jepang vs Taiwan
21:00 Indonesia vs Singapura

Senin, 9 November
15:00 Jepang vs Indonesia
18:00 Singapura vs Hong Kong
21:00 Taiwan vs Australia

Kamis, 12 November
15:00 Taiwan vs Indonesia
18:00 Australia vs Singapura
21:00 Hong Kong vs Jepang

Sabtu, 14 November
15:00 Singapura vs Jepang
18:00 Hong Kong vs Taiwan
21:00 Indonesia vs Australia

Selasa, 17 November
15:00 Australia vs Jepang
18:00 Hong Kong vs Indonesia
21:00 Taiwan vs Singapura

Laporan : Artha Tidar/GOSport

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024