Tak Cuma BS, Komdis Ternyata Panggil Juga PT Liga

Kantor PSSI di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak A.
VIVA.co.id
Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3
- Sidang Komisi Disiplin PSSI yang digelar pada Kamis 3 Agustus 2015 sore tadi tak hanya memanggil Bambang Suryo alias BS. Komdis PSSI ternyata juga menghadirkan PT Liga Indonesia untuk dimintai keterangan. Tentang apa?

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?
Ketua Komdis PSSI, Ahmad Yulianto, membeberkan alasan pemanggilan PT Liga dalam sidang Komdis sore tadi. Ahmad mengaku ingin mendapatkan keterangan dari PT Liga soal pernyataan mantan pelatih Persipur Purwodadi, Gunawan.

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan
Beberapa waktu lalu, Gunawan menjelaskan kepada Komdis PSSI bahwa banyak pertandingan Divisi Utama yang telah dicemari pengaturan skor. Praktik ini, disebut-sebut marak terjadi di musim 2013 lalu.

"Saat itu, terjadi dualisme. Dan ada momen di mana, sistem degradasi tak diterapkan karena ada proses unifikasi liga. Ini yang membuat kondisi menjadi rentan. Pasalnya, klub saat itu sedang butuh uang karena dana APBD tak lagi mengalir. Keterangan coach Gunawan seperti ini," kata Ahmad usai sidang.

Sementara itu perwakilan PT Liga, Tigor Shalom Boboy, menyatakan telah memberi keterangan kepada Komdis terkait status ISL dan Divisi Utama pada musim 2013. Dalam sidang, dia menegaskan status ISL dan Divisi Utama saat itu ilegal.

"Menyambung apa yang diucapkan coach Gunawan, saya memberikan keterangan mengenai posisi ISL dan Divisi Utama saat itu. Memang di 2013, posisinya ISL dan Divisi Utama merupakan breakaway league. ISL dan Divisi Utama baru resmi jadi kompetisi PSSI di 2014," ujar Tigor.

"Tapi, pada intinya kami, PT Liga, pastinya menjalankan kompetisi dengan berlandaskan sistem promosi dan degradasi," lanjutnya.

Selain praktek pengaturan skor, Komdis PSSI juga masih berupaya untuk menelusuri soal tudingan adanya upeti kepada wasit. Rencananya, pekan depan, Komdis PSSI akan memanggil anggota Komite Eksekutif PSSI, Roberto Rouw.

"Dia sempat jadi Exco yang membawahi bidang wasit. Maka dari itu, kami akan minta keterangan dari pak Roberto," terang Ahmad.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya